Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
CV XYZ merupakan UMKM modest fashion muslim di Bandung yang berdiri pada 2011.
Namun, kinerja Divisi Desainer dan Divisi Content Creative yang berperan strategis dalam
mempertahankan daya saing masih kurang optimal, terlihat dari rendahnya performa media
sosial dan hasil desain yang belum memenuhi ekspektasi pemilik. Berdasarkan analisis akar
masalah, hal ini disebabkan oleh ketiadaan tujuan yang mendukung strategi perusahaan dan
mendorong umpan balik berkelanjutan. Oleh karena itu, CV XYZ memerlukan sistem
manajemen kinerja yang dapat mendukung keberjalanan strategi organisasi dan umpan balik
berkelanjutan untuk Divisi Desainer dan Divisi Content Creative. Dengan demikian,
penelitian ini bertujuan untuk merancang peta strategi CV XYZ menggunakan Balanced
Scorecard (BSC), menentukan target kinerja strategis di level perusahaan, merancang
Objective Key Results (OKR) di level divisi dan individu untuk Divisi Desainer dan Divisi
Content Creative, serta menentukan rencana pengukuran dan implementasi Conversation,
Feedback, Recognition (CFR).
Penelitian ini dilakukan melalui studi literatur, wawancara dengan pemilik, Creative
Director, kepala divisi, dan staf divisi terkait, serta Focus Group Discussion (FGD).
Perancangan dimulai dengan menyusun strategic objectives berdasarkan strategic direction
statements dan peta strategi BSC di level perusahaan. Selanjutnya, ditetapkan strategic
measurements, target kinerja, dan inisiatif strategis di level perusahaan. Target dan inisiatif
strategis ini kemudian diturunkan (cascading) menjadi OKR level divisi untuk Divisi
Desainer dan Divisi Content Creative. Kemudian, OKR level divisi diturunkan kembali
menjadi OKR individu bagi staf kedua divisi. Setelah itu, dirancang pula rencana
pengukuran kinerja dan kerangka implementasi Conversation, Feedback, Recognition
(CFR).
Dari penelitian ini, dihasilkan tiga belas strategic objectives yang dipetakan dalam peta
strategi CV XYZ. Setiap strategic objectives memiliki target kinerja strategis yang kemudian
diturunkan menjadi inisiatif strategis. Selain itu, OKR level divisi dan individu berhasil
diturunkan untuk kedua divisi. Divisi Desainer memiliki tiga objektif, sedangkan Divisi
Content Creative memiliki lima objektif. Selain itu, telah dirancang pula rencana pengukuran
OKR-BSC serta rencana implementasi CFR.
Perpustakaan Digital ITB