COVER Naufal Hamdan Rivani
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Naufal Hamdan Rivani
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Naufal Hamdan Rivani
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Naufal Hamdan Rivani
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Naufal Hamdan Rivani
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Naufal Hamdan Rivani
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Naufal Hamdan Rivani
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Kendaraan roda tiga berdaya rendah sering dijumpai di kalangan UMKM. Kendaraan ini masih digerakkan oleh energi fosil yang dapat mencemari udara. Untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil, diusulkan adanya pergantian penggerak kendaraan niaga tersebut menjadi penggerak berbasis elektrik menggunakan motor listrik dengan jenis Switched Reluctance Motor yang memiliki konstruksi sederhana, murah, serta handal. Pergantian penggerak menjadi motor listrik, yaitu SRM, akan mempengaruhi user interface yang ada pada kendaraan tersebut, sehingga perlu dilakukan modifikasi pada user interface kendaraan tersebut. Pada tugas akhir ini, akan dirancang prototipe user interface dan simulator dari konverter asimetris penggerak SRM yang akan menggerakkan kendaraan listrik. Sensor yang digunakan pada user interface ini adalah sensor arus Hall Effect, sensor posisi dan kecepatan berbasis Hall Effect, sensor tegangan berupa rangkaian pembagi tegangan resistif, dan sensor suhu menggunakan thermistor. Sensor-sensor tersebut diteruskan ke rangkaian signal conditioning seperti dc level shifter, filter, serta rangkaian atenuasi sebelum memasuki input prosesor. Selain itu, pada desain user interface ini juga dipilih rangkaian power supply yang akan digunakan untuk menyuplai sensor dan rangkaian signal conditioning, yaitu power supply 1.8V, 3.3V, ±5V, dan ±15V. Setelah itu, desain simulator user interface konverter asimetris yang dapat mengakomodasi masukan dari pengguna maupun menampilkan status kendaraan yang sedang beroperasi telah direalisasikan dan diuji coba untuk mengendalikan simulasi kendaraan listrik dengan penggerak berupa SRM 12/8 5kW 3000rpm.
Perpustakaan Digital ITB