digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Larasati Meiliana Santoso [17421087]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Perkembangan teknologi yang pesat telah meningkatkan keterlibatan generasi muda, yakni Generasi Z dalam dunia digital. Namun Generasi Z memiliki pemahaman yang terbatas mengenai jejak digital yang terbatas tentang jejak digital yang setiap harinya mereka tinggalkan di dunia maya. Generasi Z juga belum memiliki kesadaran yang cukup akan risiko yang ditimbulkan oleh dampak negatif dari jejak digital. Perancangan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman atas pengaruh dari jejak digital kepada dunia nyata, merancang strategi perancangan media motion comic yang mampu menyampaikan edukasi tentang dampak negatif jejak digital kepada Generasi Z dan membantu meningkatkan kesadaran Generasi Z akan dampak negatif dari jejak digital. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakupi studi literatur, wawancara, dan observasi. Metode yang diperoleh diolah dengan metode perancangan menggunakan metode Double Diamond yang mencakup tahapan discover, define, develop, dan deliver. Hasil dari perancangan ini berupa motion comic dengan narasi yang membawa pesan dan informasi seputar jejak digital. Perancangan ini menunjukkan bahwa motion comic merupakan media yang efektif sebagai media edukasi bagi Generasi Z.