2022 TA PP SALMA MAHARDHIKA PUTRI 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Avatar Role-Playing Game (RPG) merupakan sebuah permainan dimana pemain
menggunakan avatar atau karakter buatan untuk bermain dan saling berinteraksi di dunia
in-game berlatar fiksi sebagai salah satu genre game populer yang diminati kalangan
pemain dewasa muda di Indonesia. Di samping kemudahan dan daya tarik yang
ditawarkan oleh avatar RPG, terdapat sejumlah ketidaknyamanan di dalamnya. Cyberbullying/penindasan online merupakan bentuk penyimpangan sosial yang paling sering
dialami pemain avatar RPG, dan dapat mengganggu ruang aman in-game bagi pemain
hingga mengancam kesehatan mentalnya. Oleh karena itu, diperlukan adanya media
tentang cyber-bullying dalam avatar RPG terhadap pemainnya. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif yang berupa studi literatur dan wawancara fokus
terhadap target sasaran. Dari hasil yang didapat, ditemukan bahwa terdapat serangkaian
isu di dalam avatar RPG yang dialami pemainnya, diantaranya sering terjadinya invasi
privasi para pemain, cyber-bullying antar komunitas yang ada, adiksi terhadap game
hingga escapism yang merupakan bentuk ketidaknyamanan yang sering ditemui pemain
di dalam avatar RPG. Dalam merancang media yang dapat menyampaikan narasi adaptasi
cerita berdasar pengalaman personal target, dipilih metode perancangan konsep series
episode dengan tehnik motion comic. Melalui motion comic, diterapkan rancangan desain
dengan latar beriringan antara visual dunia in-game dan dunia In-Real-Life (IRL) dengan
skema warna, setting yang membedakan diantara keduanya. Dengan konsep cerita
bersambung melalui karakter representasi avatar RPG dan karakter pemain dunia IRL,
target pemain dewasa muda dapat mengikuti penceritaan sisi personal dari gameplay
yang biasa mereka mainkan.