digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Khayira Anantya Yasmin [17521013]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Masalah limbah yang tidak terkelola menjadi isu lingkungan yang mendesak, terutama pada acara besar seperti Fun-Run yang menghasilkan limbah PaperCup dalam jumlah besar. PaperCup sering berakhir di tempat pembuangan akhir tanpa proses daur ulang memadai karena mengandung lapisan plastik yang sulit diproses. Penelitian ini merespons kondisi tersebut dengan merancang perangkat edukatif berbasis limbah PaperCup untuk anak usia 8–10 tahun. Tujuan utama penelitian adalah menciptakan media pembelajaran yang mengenalkan konsep daur ulang dan keberlanjutan kepada anak melalui pendekatan desain produk. Metode yang digunakan meliputi studi literatur, observasi, wawancara, dan uji coba produk. Hasil penelitian diharapkan menjadi solusi edukatif atas masalah limbah sekaligus membentuk kesadaran lingkungan sejak dini. Inovasi ini diwujudkan dalam bentuk alat edukasi dengan berbagai fungsi yang sesuai dengan capaian Kurikulum Merdeka Fase B, khususnya mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya, untuk mendorong keterampilan dan pemahaman daur ulang secara kontekstual dan menyenangkan.