digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Samosir, Gisella Okky [17421111]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Marhobas adalah tradisi gotong royong dalam Budaya Batak yang menggambarkan nilai kebersamaan dan tanggung jawab kolektif, namun seringkali disalahartikan, terutama mengenai peran gender, di mana tradisi ini dianggap hanya berlaku untuk perempuan. Penelitian ini bertujuan merancang animasi 2D sebagai sarana untuk mengenalkan dan melestarikan tradisi Marhobas di kalangan anak muda Batak, dengan memanfaatkan pendekatan double diamond dalam proses desain. Metode kualitatif diterapkan untuk menggali pemahaman mendalam tentang Budaya Marhobas dan audiens sasaran. Animasi 2D dirancang dengan elemen visual yang menarik dan cerita ringan dalam bentuk episodik, yang memungkinkan audiens untuk lebih mudah memahami dan terhubung dengan nilai-nilai Budaya Batak. Berdasarkan teori kognitif, penyampaian informasi melalui animasi bergerak dinilai lebih efektif dalam membantu generasi muda memahami pesan yang disampaikan. Pendekatan ini juga sejalan dengan tren konsumsi media saat ini, seperti video singkat di platform media sosial, yang meningkatkan daya tarik dan efektivitas komunikasi. Dengan demikian, animasi 2D diharapkan dapat menjadi media yang efektif dalam melestarikan tradisi Marhobas, sekaligus relevan dengan gaya hidup dan kebiasaan audiens masa kini.