Provinsi Jawa Barat memiliki peran strategis dalam pengembangan wilayah melalui
penguatan konektivitas antar pusat kegiatan nasional, wilayah dan lokal. Namum
kondisi kemantapan jalan provinsi dan kabupaten/kota masih rendah dibandingkan
jalan nasional, yang menghambat pemerataan pembangunan di Jawa Barat. Untuk
mengatasi tantangan tersebut, Kementerian PUPR mendorong penggunaan
PKRMS (Provinsial / Kabupaten Road Management System) sebagai alat bantu
dalam perencanaan dan penganggaran berbasis kondisi teknis jalan. Meskipun
demikian, implementasi PKRMS masih terbatas pada parameter kondisi jalan dan
lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengoptimalkan
penggunaan PKRMS dengan menambahkan parameter teknis seperti international
roughness index (IRI), guna menyusun program penanganan jalan yang efektif.
Ruang lingkup penelitian mencakup analisis 297 ruas jalan provinsi di Jawa Barat
menggunakan PKRMS versi 1.4.6 dengan mempertimbangkan skenario anggaran
constrained dan unconstrained. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi
referensi dalam penyusunan RPJMD dan mendukung pencapaian target
kemantapan jalan secara merata di Provinsi Jawa Barat.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa program penanganan jalan dengan aplikasi
PKRMS dapat dikembangkan menjadi empat skenario perencanaan berdasarkan
kombinasi parameter teknis (IRI) dan kondisi anggaran (constrained budget dan
unconstrained budget). Hasil analisis menunjukan bahwa skenario IRI dan
anggaran unconstrained menghasilkan kinerja jalan terbaik, mencapai 92% kondisi
baik hingga tahun 2029. Namun dalam kondisi keterbatasan anggaran skenario
tanpa IRI dan constrained budget terbukti sebagai pilihan paling efisien dan adaptif.
Sementara itu skenario tanpa IRI dan unconstrained budget lebih efisien dari segi
anggaran dengan tetap mempertahankan kondisi jalan cukup baik, dan skenario
dengan IRI dan constrained budget menunjukan hasil yang kurang optimal karena
keterbatasan anggaran meskipun menggunakan data IRI. Penelitian ini menunjukan
bahwa penggunaan aplikasi PKRMS, yang mengintegrasikan parameter teknis dan
anggaran, mampu mendukung proses perencanaan jalan yang berbasis data dan
adaptif terhadap kondisi riil.
Perpustakaan Digital ITB