2025 SK PP Jeny Aurelia [19022113] - List of Contents
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa
Kemunculan platform digital telah secara fundamental mengubah dinamika pariwisata, dengan media sosial seperti TikTok menjadi sumber informasi utama bagi Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi sebuah enigma perilaku yang krusial: mengapa Generasi Z di Indonesia yang belum pernah berkunjung ke Bali tetap menunjukkan niat kunjungan yang tinggi, meskipun dihadapkan pada narasi online yang beragam yang menampilkan keindahan sekaligus tantangan destinasi tersebut. Studi ini secara khusus mengeksplorasi bagaimana Electronic Word-of-Mouth (e-WOM) di TikTok membentuk dimensi kognitif (pengetahuan) dan afektif (emosional) dari citra destinasi untuk mempengaruhi niat ini. Dengan pendekatan kuantitatif, data dari 250 responden dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun e- WOM membentuk kedua dimensi citra, dimensi afektif memainkan peran yang dominan. Daya tarik emosional yang kuat dari konten TikTok terbukti mampu mengesampingkan pertimbangan rasional yang mungkin timbul dari kesadaran kognitif mereka akan potensi kekurangan destinasi. Wawasan ini berharga bagi para pemangku kepentingan pariwisata, menunjukkan bahwa strategi untuk mempengaruhi Gen Z harus memprioritaskan penciptaan koneksi emosional yang kuat, karena inilah pendorong utama yang membentuk niat perjalanan mereka di era digital.
Perpustakaan Digital ITB