Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Namun tingkat kecakapan Bahasa Inggris orang Indonesia masih rendah sehingga diperlukan metoda lain untuk mengajarkan Bahasa Inggris kepada orang Indonesia. Dengan menggunakan game edukasi Bahasa Inggris berbasis horror, orang Indonesia diharapkan dapat mempelajari cara mengucapkan kata dalam Bahasa Inggris dengan lebih lancar. Penelitian ini khususnya membahas bagaimana memilih kata, melakukan parameterisasi kata, dan mengelompokkannya ke dalam level-level sehingga dapat digunakan pada game edukasi Bahasa Inggris berbasis horror. Pengelompokkan kata yang sudah diparameterisasi menggunakan dua pendekatan yaitu dengan menggunakan machine learning yaitu dengan menggunakan metoda clustering yaitu Hierarchical Clustering dan K-Means Clustering dan pendekatan berikutnya yaitu parameter prioritas. Penelitian ini juga menentukan kata yang dapat digunakan pada game edukasi berbasis horror dengan menggunakan Active Learning. Hasilnya kata dikelompokkan ke dalam 10 level dengan masing-masing level memiliki jumlah yang serupa dengan menggunakan parameter prioritas dan terdapat sejumlah kata dari kata yang telah dikumpulkan yang tidak dapat digunakan pada game edukasi Bahasa Inggris berbasis horror.
Perpustakaan Digital ITB