Dalam suatu perubahan arah dan strategi perusahaan, diperlukan keterlibatan dari
seluruh anggota organisasi yang memiliki pengetahuan dan kompetensi untuk
melakukan perubahan. Berdasarkan penelitian, 70% dari program perubahan gagal
mencapai tujuan mereka, dan sebagian besar dikarenakan kurangnya upaya
manajemen perubahan. Upaya manajemen perubahan ini sangat berkaitan dengan
manajemen pengetahuan yang dilaksanakan oleh perusahaan untuk
mengembangkan organisasi dan memenuhi kebutuhan bisnis yang terus berubah.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana integrasi manajemen
perubahan dan manajemen pengetahuan dapat mendukung upaya perusahaan untuk
mengimplementasikan perubahan arah bisnis dan strategi perusahaan dalam
Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP). Kerangka yang digunakan adalah
analisis kesenjangan dalam proses perubahan menggunakan model ADKAR dari
Jeff Hiatt serta analisis kesenjangan pengetahuan kritis berdasarkan strategi
implementasi manajemen pengetahuan dari Tjakraatmadja & Kristinawati.
Penulis mendapatkan hasil bahwa dalam proses perubahan masih terdapat
kesenjangan pada manajemen perubahan dan pengetahuan kritis. Untuk
mengintegrasikan manajemen perubahan dan manajemen pengetahuan dapat
dilakukan dengan melakukan evaluasi dan kreasi pengetahuan sehingga
kesenjangan pengetahuan kritis dapat diatasi. Selanjutnya pengetahuan kritis
tersebut digunakan untuk mendukung elemen pengetahuan dalam ADKAR
sehingga 4 elemen yang lain dapat ditingkatkan atau dipertahankan levelnya.
Perpustakaan Digital ITB