COVER Lilo Handaru Jati
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Lilo Handaru Jati
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Lilo Handaru Jati
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Lilo Handaru Jati
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Lilo Handaru Jati
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Lilo Handaru Jati
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR PUSTAKA Lilo Handaru Jati
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Meningkatnya gas rumah kaca sebagaimana telah ditetapkan oleh Paris Agreement,
mendorong pengembangan teknologi Carbon Capture, Utilization, and Storage (CCUS).
Indonesia sebagai salah satu pihak yang menandatangani perjanjian ini, memiliki
tanggungan untuk turut berkontribusi pada pengembangan teknologi CCUS, salah satu cara
metode cost-efficient yang dapat dilakukan untuk mendorong pengembangan CCUS di
Indonesia berupa penggunaan ulang pipa transmisi minyak dan gas untuk transmisi CO2.
Namun penggunaan ulang pipa memerlukan studi kelayakan lebih lanjut, beberapa
tantangan seperti aspek keselamatan, integritas struktural, terutama di bawah kondisi beban
yang ditimbulkan oleh lintasan jalan raya.
Penelitian ini menganalisis retakan melingkar dan perilaku propagasi retak pada pipa
API 5L X52 untuk transmisi gas CO2 yang dikenai beban lintasan jalan raya. Dengan
menggunakan Extended Finite Element Method (XFEM) pada perangkat lunak Abaqus,
penelitian ini memodelkan retakan melingkar dan mengevaluasi respons dari retakan
tersebut akibat kombinasi tekanan internal dan eksternal akibat beban lintasan jalan raya.
Berdasarkan studi ini, ditemukan bahwa model elemen hingga yang tervalidasi dapat
dibuat menggunakan perangkat lunak Abaqus. Kedua, tambahan pembebanan dari
perlintasan jalan raya mengurangi safety margin dari retakan pada pipa, dibuktikan oleh
API 579 Failure Assessment Diagram (FAD). Terakhir, alat keputusan kuantitatif, grafik
Maximum Allowable Working Pressure (MAWP), dibuat untuk pengendalian retakan pada
kasus retakan melingkar pada persimpangan jalan raya, dengan panjang retakan awal yang
bervariasi
Perpustakaan Digital ITB