digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Jembatan Lemah Ireng I merupakan salah satu jembatan yang berada di ruas Tol Semarang Bawen memiliki panjang total 824 meter dengan tipe girder box balance cantilever. Jembatan ini dibangun pada tahun 2014, didesain menggunakan RSNI T-02 2005 Standar Pembebanan untuk Jembatan dan SNI 2833:2008 Standar Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Jembatan. Perubahan peraturan terbaru yaitu SNI 1725:2016 dan SNI 2833:2016 memiliki perbedaan terhadap peraturan yang digunakan pada desain jembatan diantaranya perbedaan pada kombinasi beban, beban lalu lintas, penambahan beban angin akibat kendaraan serta perubahan acuan peta gempa yang digunakan pada desain jembatan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja jembatan terhadap peraturan terbaru melalui analisis berbasis gaya dan berbasis kinerja dengan metode Nonlinear Time History Analysis. Pemodealn 3D dilakukan menggunakan perangkat lunak Midas Civil. Analisis dilakukan dengan menggunakan sebelas rekam gerak tanah hasil deagregasi peta bahaya gempa nasional 2017. Berdasarkan hasil analisis berbasis kinerja drift pier pada kondisi upper level rata-rata memiliki kinerja Life Safety sedangkan pada lower level adalah Fully Operational. Tingkat kinerja jembatan berdasarkan regangan beton dan regangan baja pada kondisi upper level dan lower level adalah Fully Operational. Pada tinjauan di parameter rotasi pier tingkat kinerja jembatan adalah Life Safety untuk kondisi upper level dan Fully Operational untuk lower level.