Jembatan Lemah Ireng I merupakan salah satu jembatan yang berada di ruas Tol
Semarang Bawen memiliki panjang total 824 meter dengan tipe girder box balance
cantilever. Jembatan ini dibangun pada tahun 2014, didesain menggunakan RSNI T-02
2005 Standar Pembebanan untuk Jembatan dan SNI 2833:2008 Standar Perencanaan
Ketahanan Gempa untuk Jembatan. Perubahan peraturan terbaru yaitu SNI 1725:2016
dan SNI 2833:2016 memiliki perbedaan terhadap peraturan yang digunakan pada
desain jembatan diantaranya perbedaan pada kombinasi beban, beban lalu lintas,
penambahan beban angin akibat kendaraan serta perubahan acuan peta gempa yang
digunakan pada desain jembatan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja
jembatan terhadap peraturan terbaru melalui analisis berbasis gaya dan berbasis kinerja
dengan metode Nonlinear Time History Analysis. Pemodealn 3D dilakukan
menggunakan perangkat lunak Midas Civil. Analisis dilakukan dengan menggunakan
sebelas rekam gerak tanah hasil deagregasi peta bahaya gempa nasional 2017.
Berdasarkan hasil analisis berbasis kinerja drift pier pada kondisi upper level rata-rata
memiliki kinerja Life Safety sedangkan pada lower level adalah Fully Operational.
Tingkat kinerja jembatan berdasarkan regangan beton dan regangan baja pada kondisi
upper level dan lower level adalah Fully Operational. Pada tinjauan di parameter rotasi
pier tingkat kinerja jembatan adalah Life Safety untuk kondisi upper level dan Fully
Operational untuk lower level.
Perpustakaan Digital ITB