digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini menyelidiki efektivitas Kegiatan Pemasaran Media Sosial (SMMA) terhadap niat beli, dengan menggunakan Fitfuel sebagai studi kasus. Penelitian ini meneliti dampak SMMA terhadap kesadaran merek dan kepercayaan pelanggan, dan bagaimana kedua variabel ini mempengaruhi niat beli. Pendekatan kuantitatif digunakan, dengan menggunakan kuesioner online yang didistribusikan kepada 200 responden, didukung oleh wawancara dengan manajemen Fitfuel. Lingkungan eksternal dan internal dianalisis melalui PESTEL, Porter's Five Forces, analisis pesaing, STP, Bauran Pemasaran, VRIO, dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMMA memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kesadaran merek dan kepercayaan pelanggan. Pada gilirannya, baik kesadaran merek dan kepercayaan pelanggan secara positif mempengaruhi niat beli. Namun, komunikasi antara konsumen dan merek (sebagai bagian dari SMMA) ditemukan memiliki efek yang kurang signifikan dibandingkan dengan indikator lainnya. Penelitian ini menyajikan matriks TOWS dan rencana implementasi untuk menawarkan tindakan strategis bagi Fitfuel dalam mengoptimalkan pemasaran digitalnya, memperkuat persepsi merek, dan meningkatkan konversi. Penelitian ini berkontribusi dalam memahami bagaimana komponen pemasaran digital mempengaruhi perilaku pelanggan di sektor makanan kesehatan