Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Emotional Quotient (EQ), Social Quotient (SQ), dan Adversity Quotient (AQ) merupakan bagian dari domain kecerdasan yang esensial dalam kehidupan sehari-hari, tetapi belum didukung oleh adanya aplikasi atau website pembelajaran dan pengujian yang terintegrasi. Sebagian besar fasilitas belajar hanya cenderung berfokus kepada satu domain kecerdasan saja dengan pengalaman pembelajaran dan pengujian yang kurang menarik, minim variasi media, hingga desain antarmuka yang belum mendukung kemudahan serta keterlibatan pengguna. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengembangkan solusi desain interaksi yang melibatkan komponen gamifikasi untuk mendukung proses pembelajaran EQ, SQ, dan AQ. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan metodologi user-centered design (UCD) sesuai dengan standar internasional ISO 9241-210:2010. UCD dipilih karena desain interaksi yang dikembangkan perlu melibatkan karakterstik, permasalahan, hingga kebutuhan pengguna untuk memastikan solusi desain telah mencapai user experience goals dan usability goals. Hasil akhir dari tugas akhir ini berupa prototipe high-fidelity dari aplikasi pembelajar dan pengujian domain kecerdasan EQ, SQ, dan AQ yang telah diuji selama dua kali iterasi oleh lima partisipan. Berdasarkan evaluasi akhir, solusi desain dinyatakan dapat memenuhi user experience goals dan usability goals dengan Task Completion Rate bernilai 100%, Number of Errors bernilai 0 (tidak ada error), Time on Task sebesar 74,98 detik, Single Ease Question (SEQ) mencapai 6,95 dari 7, System Usability Scale (SUS) bernilai 90 dari 100, User Experience Scale mencapai 4,7 dari 5, IMI: Value/Usefulness sebesar 6,77 dari 7, serta Net Promoter Scale mencapai 9,8 dari 10. Pengukuran kuantitatif tersebut menunjukkan bahwa solusi desain berhasil menciptakan pengalaman pengguna yang efektif, efisien, menarik dan menyenangkan, relevan, dan mendukung keterlibatan pengguna dalam proses pembelajaran dan pengujian EQ, SQ, dan AQ secara menyeluruh. Dengan demikian, hasil perancangan ini diharapkan dapat menciptakan pengalaman interaksi yang intuitif, memuaskan, dan mendorong keterlibatan secara optimal.
Perpustakaan Digital ITB