Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Pembelajaran anatomi seringkali dianggap sulit karena membutuhkan visualisasi
detail dan motivasi belajar yang tinggi, di mana platform digital yang ada saat ini
terkadang memiliki desain yang rumit dan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan
untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menghasilkan prototipe high
fidelity dari desain interaksi aplikasi kuis anatomi 3D yang menerapkan elemen
gamifikasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan Player-Centered Design
yang berfokus pada pemahaman pemain (persona), penetapan misi pembelajaran,
analisis motivasi, dan perancangan komponen gamifikasi seperti poin, level, badge,
dan leaderboard untuk menciptakan pengalaman yang memotivasi. Prototipe
dievaluasi melalui dua iterasi usability testing dengan lima partisipan menggunakan
metrik kuantitatif dan kualitatif. Hasil evaluasi iterasi kedua menunjukkan
pencapaian tujuan secara signifikan. Completion Rate mencapai 100% yang
menunjukkan desain sangat efektif. Rata-rata skor System Usability Scale (SUS)
meningkat menjadi 97,5, Intrinsic Motivation Inventory (IMI) untuk
minat/kesenangan naik menjadi 6,7, dan User Retention Analysis mencapai 4,8.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan elemen gamifikasi melalui
pendekatan Player-Centered Design terbukti berhasil menciptakan desain interaksi
aplikasi pembelajaran anatomi yang tidak hanya memenuhi tujuan kebergunaan
(usability goals) seperti efektif dan mudah dipelajari, tetapi juga tujuan pengalaman
pengguna (user experience goals) yaitu memuaskan dan sangat memotivasi.
Perpustakaan Digital ITB