Usaha Kecil Menengah (UKM) selalu memiliki peranan kunci dalam perekonomian Indonesia. Di
samping kontribusi yang diberikan, UKM memliki masalah dalam pengembangan bisnis dan menjadi
lebih produktif. Pergeseran yang terjadi falam dunia bisnis yang ditunjukan dengan perubahan pola
konsumsi yang dahulu berbasis barang berubah kepada berbasing pengalaman dan belanja luar jaringan
menjadi belanja dalam jaringan menyebabkan banyak perusahaan yang menutup toko yang dimiliki.
Penelitian ini berfokus dalam menentukan strategi yang tepat untuk suatu UKM bernama Gudang
Pakaian Dalam yang bekerja di industri pakaian dalam. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini
berdasarkan dengan wawancara dengan pemiliki Gudang Pakaian Dalam dan data yang ada di internet
tentang industri dan bisnis Gudang Pakaian Dalam. Data yang sudah dikumpulkan, analisa data akan
dilakukan dengan environmental scanning, SWOT Analysis, dan Grand Strategy Matrix untuk
menentukan strategi yang tepat untuk Gudang Pakaian Dalam. Hasil yang didapatkan dari analisa data,
strategi yang tepat untuk Gudang Pakaian Dalam kejar adalah diversifikasi bisnis milik Gudang Pakaian
Dalam dengan memakai teknologi digital. Pengembangan juga perlu dilakukan dalam pemasaran,
operasi, sumber daya manusia, sistem informasi, dan keuangan dalam Gudang Pakaian Dalam untuk
menjadi lebih berdaya saing dalam keadaan bisnis sekarang.
Perpustakaan Digital ITB