digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Outside Planet Tournament menghadapi tantangan signifikan dalam pengelolaan store credit secara manual, yang mengakibatkan proses bisnis kurang efisien, memakan waktu, dan rentan terhadap kesalahan data. Masalah utama meliputi ketergantungan pada pengecekan dan distribusi store credit secara manual yang memperpanjang waktu tunggu dan membebani store keeper, serta kurangnya transparansi informasi bagi peserta. Penelitian ini bertujuan utama untuk memastikan proses bisnis penyimpanan store credit di Outside Planet Tournament dapat berjalan lebih efisien dan efektif. Ini dicapai melalui pengembangan sistem informasi berbasis aplikasi Android yang sesuai dengan kebutuhan, yang mampu mengotomatisasi proses pengelolaan store credit dan meningkatkan akurasi data. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan pengembangan iteratif (single-loop iterative approach), yang mencakup tahapan analisis masalah, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Proses ini berfokus pada identifikasi kebutuhan pengguna dan perbaikan berdasarkan feedback nyata. Aplikasi yang dihasilkan memungkinkan store keeper mengelola store credit secara real-time dan mengotomatisasi perhitungan hadiah, sehingga proses menjadi lebih cepat dan akurat. Berdasarkan hasil UAT, aplikasi memperoleh skor rata-rata 4,075, menunjukkan tingkat penerimaan yang sangat baik dari pengguna. Aplikasi store credit berbasis android yang dikembangkan berhasil meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis penyimpanan store credit di Outside Planet Tournament.