digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Animasi komputer adalah salah satu bidang kajian dalam bidang multimedia dan grafika komputer yang memiliki banyak implementasi, diantarannya adalah: film, game, dan visualisasi. Salah satu bagian tubuh manusia yang menarik untuk dianimasikan adalah wajah manusia, karena memiliki beragam gerak dan tiap gerak menghasilkan makna yang berbeda-beda. Makna-makna dari beragamnya gerak wajah sering disebut dengan istilah ekspresi. Makalah ini melaporkan pembuatan animasi gerak wajah menggunakan teknik match moving, yaitu pengambilan data posisi fitur-fitur wajah untuk mengkonstruksikan suatu pose secara berurutan sehingga didapatkan animasi sebuah gerakan. Fitur wajah ditandai dengan marker yang kemudian diekstrak sehingga diperoleh informasi mengenai posisinya. Data posisi tersebut kemudian ditempelkan pada wajah suatu karakter kartun 2D sehingga didapatkan animasi gerak wajah dari karakter kartun tersebut. Penelitian ini mengimplementasikan langkah-langkah yang mudah dan murah untuk mendapatkan animasi karakter kartun 2D, khusus untuk gerakan wajah.