digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

CV Mars Surya pratama (MSP) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri Garment, yang melakukan kegiatan pemrosesan dari barang setengah jadi (raw material) menjadi produk jadi di bidang pembuatan tee-shirt (kaos) dan sweater dengan system made to order. CV.MSP merupakan sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 dan hingga saat ini telah beroperasi selama lebih dari satu tahun, dalam kegiatan usahanya CV.MSP tergolong memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat signifikan, namun laju pertumbuhan yang dimiliki oleh CV.MSP masih belum diiringi dengan dasar perencanaan organisasi yang kuat, hal ini dikarenakan pada saat sebelum penelitian ini CV.MSP masih belum memiliki Visi dan Misi perusahaan yang jelas dan di komunikasikan, serta belum terdapatnya perencanaan strategi untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan tersebut. Dengan latar belakang masalah diatas, maka pada proyek akhir ini menggunakan metodologi pemecahan masalah yang dimulai dengan perumusan dan identifikasi dari visi dan misi perusahaan. Setelah terdapat gambaran visi dan misi perusahaan yang telah teridentifikasikan, maka proyek akhir ini dilanjutkan dengan analisis lingkungan perusahaan, analisis lingkungan perusahaan meliputi analisis lingkungan eksternal perusahaan dan analisis lingkungan internal perusahaan. Analisis lingkungan eksternal perusahaan menggunakan analisis porter’s five forces dan analisis PEST, sedangkan analisis yang digunakan pada lingkungan internal menggunakan analisis VRIO dan value chain analysis. Dari data yang didapatkan pada analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan dilanjutkan dengan penyusunan analisis SWOT yang kemudian disusun sebuah TOWS matrix. Hasil dari analisa-analisa diatas menjadi sumber penyusunan dari formulasi strategi perusahaan. Formulasi strategi pada proyek akhir ini meliputi strategi tingkat korporat, strategi bisnis, dan strategi fungsional, dari ketiga strategi yang telah diformulasikan, maka untuk rencana implementasi dari strategi perusahaan disusun sebuah strategy map. Hasil dari proyek akhir ini diharapkan dapat menjadi sebuah road map CV.MSP dalam menjalankan usahanya dan merencanakan pertumbuhan usaha pada masa yang akan datang dan dapat mewujudkan visi dari perusahaan.