Abstrak - Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR PUSTAKA Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Penelitian ini menganalisis karakteristik aerodinamika serta turunan stabilitas statis pada
arah longitudinal dan lateral-direksional dari canopy paralayang menggunakan pendekatan
Computational Fluid Dynamics (CFD) berbasis solusi persamaan Reynolds-Averaged
Navier-Stokes (RANS). Validasi dilakukan untuk airfoil NACA 23015, dengan model
turbulensi Transisi SST terpilih sebagai yang paling akurat dalam memprediksi fenomena
transisi lapisan batas. Geometri canopy dimodelkan dari 12 panel berbentuk elips dengan
distribusi chord berdasarkan posisi rib, menggunakan mesh terstruktur berjumlah 6 juta
elemen sel yang dibangun dengan teknik blocking. Simulasi dilakukan pada variasi sudut
serang (?) dari -6° hingga 24° dan sudut sideslip (?) dari -15° hingga 15° pada kecepatan
aliran 39 m/s (Re = 0.92×10?). Hasil menunjukkan akurasi model Transisi SST dengan eror
2.5% untuk koefisien gaya angkat (???????? ) terhadap data eksperimen dan didukung dalam
pemodelan transisi aliran. Peningkatan sudut sideslip menunjukkan penundaan stall hingga
? > 24° karena mekanisme peningkatan attachment aliran laminar. Analisis stabilitas
mengungkap canopy stabil baik secara longitudinal maupun lateral. Temuan ini memberikan
dasar untuk pengembangan desain canopy yang lebih stabil, khususnya pada manuver pada
kombinasi sudut serang dan sideslip tinggi.
Perpustakaan Digital ITB