digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR PUSTAKA Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN Rizky Amalis Zhuraida
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Penelitian ini menganalisis karakteristik aerodinamika serta turunan stabilitas statis pada arah longitudinal dan lateral-direksional dari canopy paralayang menggunakan pendekatan Computational Fluid Dynamics (CFD) berbasis solusi persamaan Reynolds-Averaged Navier-Stokes (RANS). Validasi dilakukan untuk airfoil NACA 23015, dengan model turbulensi Transisi SST terpilih sebagai yang paling akurat dalam memprediksi fenomena transisi lapisan batas. Geometri canopy dimodelkan dari 12 panel berbentuk elips dengan distribusi chord berdasarkan posisi rib, menggunakan mesh terstruktur berjumlah 6 juta elemen sel yang dibangun dengan teknik blocking. Simulasi dilakukan pada variasi sudut serang (?) dari -6° hingga 24° dan sudut sideslip (?) dari -15° hingga 15° pada kecepatan aliran 39 m/s (Re = 0.92×10?). Hasil menunjukkan akurasi model Transisi SST dengan eror 2.5% untuk koefisien gaya angkat (???????? ) terhadap data eksperimen dan didukung dalam pemodelan transisi aliran. Peningkatan sudut sideslip menunjukkan penundaan stall hingga ? > 24° karena mekanisme peningkatan attachment aliran laminar. Analisis stabilitas mengungkap canopy stabil baik secara longitudinal maupun lateral. Temuan ini memberikan dasar untuk pengembangan desain canopy yang lebih stabil, khususnya pada manuver pada kombinasi sudut serang dan sideslip tinggi.