digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Perkembangan internet dan teknologi yang pesat berdampak pada semakin masifnya penggunaan aplikasi daring. Data menunjukkan bahwa 99.5% pengguna internet menggunakan telepon cerdas untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini direspon positif oleh berbagai sektor industri, termasuk industri jasa pengiriman. Industri jasa pengiriman memiliki peran penting dalam menunjang kebutuhan pengiriman barang melalui ekosistem rantai distribusi yang terhubung melalui aplikasi, salah satunya adalah PAXEL. Dengan slogan “sehari sampai”, PAXEL berupaya menciptakan ekosistem pengiriman digital yang dapat diakses dalam satu aplikasi. Intensi penggunaan aplikasi dinilai penting untuk meningkatkan transaksi pengiriman, untuk itu identifikasi faktor perlu dilakukan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap intensi penggunaan aplikasi PAXEL di Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor terhadap intensi pelanggan dalam menggunakan aplikasi PAXEL. Konstruk model didasarkan pada model TAM dan TCV yang dikembangkan menjadi 7 konstruk yaitu perceived usefulness (PU), perceived ease of use (PEOU), trust & brand (TRB), price saving benefit (PSB), time saving benefit (TSB), performance & quality value (PQV), dan visibility (VIS) dengan total instrumen sebanyak 26 pertanyaan. Uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan guna memastikan data valid dan reliabel, dilanjutkan analisis mean dan varians, PLS-SEM, uji hipotesis, dan interpretasi hasil kuesioner yang dikumpulkan. Hasil dari penelitian ini berupa variabel pada model yang berpengaruh signifikan terhadap intensi pelanggan dalam mengggunakan aplikasi PAXEL. Saran dan rekomendasi terhadap hasil penelitian disampaikan kepada PAXEL guna meningkatkan intensi pengguna dalam menggunakan aplikasi PAXEL di Cirebon.