meningkatkan akses ke layanan keuangan di Indonesia. Berkaca pada salah satu bank
nasional di Indonesia, BTPN, yang menciptakan perbankan digital Jenius dengan pengalaman
pelanggan yang hebat, berhasil menjangkau 1,2 juta pengguna. Dengan demikian, ada
peluang terbuka bagi Indonesia untuk meningkatkan pengembangan keuangan digital dengan
meningkatkan pengalaman pelanggan sebagai strateginya.
Penelitian ini mencoba untuk menguji faktor apa yang paling signifikan yang mempengaruhi
pengalaman pelanggan yang positif dalam perbankan digital Jenius dan hubungan akumulasi
pengalaman terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kuesioner online dilakukan dengan
menggunakan Skala Likert yang dirancang untuk 229 responden di Jakarta dan Bandung
dengan metode purposive sampling. Kuisioner diukur dengan Analisis SEM untuk
menjelaskan hubungan antara variabel eksogen dan endogen. Studi ini menemukan nilai yang
dirasakan adalah faktor yang paling signifikan dari pengalaman pelanggan di Jenius digital
banking. Temuan lain adalah pengalaman pelanggan dengan akumulasi faktor signifikan
yang dirasakan nilai, kenyamanan, kualitas layanan dan keterlibatan karyawan-pelanggan
secara positif mempengaruhi kepuasan pelanggan serta kepuasan pelanggan terhadap
loyalitas pelanggan di Jenius digital banking. Studi ini diharapkan dapat memberikan hasil
yang berharga bagi para praktisi dan akademisi untuk menyusun strategi dan referensi dari
konteks yang relevan.
Perpustakaan Digital ITB