Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian Sarana Perkeretaapian terkait dengan perubahan perjalanan
Kereta Api Barang di Sumatera Bagian Selatan, dimana sebelumnya menggunakan
dua Lokomotif Diesel Listrik dan Sarana Gerbong dengan rangkaian 60 GB.
Perubahan ini dilakukan dalam rangka mendukung program optimalisasi target
angkutan Batubara di Sumatera Bagian Selatan.
Penelitian ini dilakukan dengan fokus pada studi persepsi pelanggan mengenai
perubahan ini. Faktor-faktor yang diidentifikasi menjadi fokus analisis antara lain
aspek ekonomi, keandalan, keberlanjutan, keselamatan, serta preferensi dan
kebutuhan pelanggan.
Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan wawancara kepada responden
yang merupakan para pelanggan Kereta Api Barang di Sumatera Bagian Selatan.
Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan pemahaman
yang lebih mendalam mengenai persepsi pelanggan terkait faktor-faktor tersebut.
Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas
mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian terkait
perubahan perjalanan Kereta Api Barang di Sumatera Bagian Selatan. Implikasi
dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai dasar dalam
mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif serta mendukung
optimalisasi target angkutan batubara di Sumatera Bagian Selatan.
Perpustakaan Digital ITB