Penelitian ini mengkaji sentimen pengguna transportasi umum terhadap Kawasan Berorientasi Transit (Transit Oriented Development/TOD) Dukuh Atas, salah satu pusat transit terpenting di Jakarta. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan metode campuran, penelitian ini mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif dari ulasan pengguna di Google Maps untuk melakukan analisis konten deduktif guna mengidentifikasi sentimen positif, negatif, dan netral terhadap fasilitas dan layanan di enam titik pemberhentian transportasi umum: Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, Stasiun Sudirman, Stasiun BNI City, Stasiun LRT Dukuh Atas BNI, serta Halte Transjakarta Dukuh Atas dan Galunggung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentimen positif banyak dipengaruhi oleh konektivitas antar moda dan perawatan fasilitas, sedangkan sentimen negatif umumnya terkait operasional, kenyamanan, dan kemudahan akses. Konektivitas dan kemudahan menjadi aspek penting yang memengaruhi kepuasan pengguna dalam kawasan TOD. Temuan ini memberikan masukan bagi perencana dan pengembang untuk meningkatkan kualitas desain dan pengelolaan kawasan TOD agar lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat, sekaligus mendukung mobilitas berkelanjutan di perkotaan.
Perpustakaan Digital ITB