
2025_TS_PP_Syifa Farida Thifal_1-Full Thesis
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman Ringkasan
Perkembangan fintech yang menggabungkan keuangan dan teknologi telah membawa
perubahan besar dalam kehidupan pribadi maupun bisnis, terutama sebagai dampak dari
revolusi digital. Berbagai layanan inovatif seperti pembayaran seluler dan evaluasi risiko,
termasuk dompet cryptocurrency, telah hadir di sektor keuangan. Cryptocurrency, sebagai
mata uang digital yang terdesentralisasi, telah menarik perhatian global, dengan semakin
banyak bisnis yang mengadopsinya untuk berbagai transaksi keuangan dan aktivitas investasi.
Meskipun potensinya sangat besar, masih terdapat sejumlah kesenjangan penelitian,
khususnya terkait dengan karakteristik unik dan pengalaman pelanggan dalam penggunaan
layanan dompet crypto.
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara kualitas layanan elektronik (eservice
quality), pengalaman pelanggan, dan loyalitas pelanggan dalam konteks dompet
cryptocurrency. Analisis data yang digunakan meliputi statistik deskriptif, Pemodelan
Persamaan Struktural Partial Least Squares (PLS-SEM), serta pengujian hipotesis yang
melibatkan 193 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar dimensi kualitas layanan elektronik,
seperti kualitas informasi, keandalan, keamanan, dan efisiensi, memberikan pengaruh
signifikan terhadap pengalaman dan loyalitas pelanggan, dengan nilai p di bawah 0,05.
Namun, ketersediaan sistem dan jaminan tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap
pengalaman atau loyalitas pelanggan. Penelitian ini juga mengkonfirmasi bahwa pengalaman
pelanggan berperan sebagai mediator dalam hubungan antara kualitas layanan elektronik dan
loyalitas pelanggan, kecuali pada dimensi ketersediaan sistem dan jaminan. Oleh karena itu,
penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan faktor-faktor utama kualitas layanan
elektronik dapat memperkuat pengalaman dan loyalitas pelanggan dalam penggunaan dompet
cryptocurrency, meskipun beberapa aspek mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda
untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.