digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perjalanan menggunakan kendaraan bermotor selalu membutuhkan ruang/tempat parkir yang merupakan titik awal dan akhir dari setiap perjalanan. Kendaraan pribadi menjadi pilihan moda utama pergerakan dan menjadi ciri khas terutama pada perkotaan di negara berkembang di Asia salah satunya di Kota Bandung. Fenomena tersebut banyak memunculkan berbagai permasalahan transportasi salah satunya perilaku parkir kendaraan pada tepi jalan (on-street) yang tidak sesuai aturan. Untuk memahami permasalahan yang ada tidak hanya dari sisi teknis saja (diamati), perlu ditinjau dari sudut pandangan persepsi pengendara yang tak terlihat langsung dan hal demikian belum banyak diulas lebih dalam. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi terhadap hal-hal yang mempengaruhi niat pengendara dalam melakukan parkir ilegal dengan menggunakan pendekatan dan pengembangan theory of planned behavior (TPB). Pengumpulan data dilakukan pada ruas jalan yang termasuk pada kategori zona pusat dan penyangga kota lokasi parkir tepi jalan terhadap 270 pengendara dengan metode purposive sampling menggunakan formulir kuesioner survei yang terdiri dari tiga bagian. Analisis PLS-SEM dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4 digunakan untuk menjawab tujuan penelitian ini mengingat konstruk/variabel laten dalam penelitian ini tersusun atas model indikator reflektif dan formatif. Karakteristik perilaku parkir ilegal pengendara yang ditemui memiliki kecenderungan frekuensi cukup sering dilakukan di badan jalan dan mayoritas terjadi pada kawasan pertokoan/komersial dengan maksud perjalanan untuk berbelanja. Kontrol perilaku memiliki kontribusi pengaruh paling besar (47,9%) selain norma deskriptif dan sikap yang berpengaruh signifikan secara positif terhadap niat perilaku parkir ilegal dengan 71,7% varians dapat dijelaskan secara moderat mendekati kuat melalui model konstruk TPB. Adapun niat perilaku hanya mampu secara moderat menjelaskan varians (39,1%) perilaku parkir ilegal pengendara yang dilaporkan. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pengetahuan dan bermanfaat dalam penyusunan rekomendasi kebijakan perparkiran pada tepi jalan dalam mengatasi permasalahan parkir ilegal di Kota Bandung.