digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
PUBLIC Open In Flipbook Dessy Rondang Monaomi

pembelajaran tajwid dengan memanfaatkan gamifikasi bernama Funtahsin, dengan framework TPACK demi meningkatkan kualitas dan efektifitas pembelajaran tajwid. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode Design Research Methodology (DRM), yang terdiri dari tahapan klarifikasi penelitian, studi deskriptif, studi preskriptif, dan evaluasi deskriptif. Framework TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) digunakan sebagai landasan utama dalam desain pembelajaran berbasis teknologi yang interaktif dan mendalam. Gamifikasi dalam penelitian menggunakan kerangka kerja octalysis yang menerapkan dengan delapan elemen permainan seperti tantangan, penghargaan digital, kuis interaktif, dan lain sebagainya untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Pengembangan aplikasi menggunakan framework Flutter dan layanan basis data Firebase. Aplikasi hanya dapat dijalankan di gawai Android dan iOS dengan desain materi seperti kuis interaktif soal pilihan ganda dengan konten mulai dari pengenalan bacaan panjang tanda berhenti wakaf sebagai tahap awal. Evaluasi penerimaan pengguna berdasarkan model Hedonic-Motivation System Adoption Model (HMSAM). Evaluasi aplikasi dilakukan melalui uji pre-test dan post-test yang melibatkan responden dari berbagai kalangan tanpa batasan usia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Funtahsin secara signifikan meningkatkan pemahaman tajwid peserta serta menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan efektif. Analisis jalur menunjukkan adanya hubungan positif antara kemudahan penggunaan aplikasi, rasa ingin tahu, dan peningkatan fokus pembelajaran. Dengan hasil positif yang diperoleh, aplikasi Funtahsin menawarkan solusi inovatif untuk pembelajaran tajwid berbasis teknologi yang relevan dengan kebutuhan pendidikan modern dan berbasis nilai-nilai keislaman