digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. Cagar Alam Cikao adalah sebuah perseroan terbatas yang bergerak di bidang industri rekreasi yang berlokasi di Kota Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia. Data perusahaan menunjukkan bahwa jumlah pengunjung memiliki tren penurunan meskipun ada pertumbuhan di pasar. Perusahaan tidak memiliki perencanaan serta tujuan strategis, oleh karena itu perlu memiliki prediksi permintaan yang akurat. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi model peramalan terbaik untuk jumlah pengunjung individu yang tidak melakukan reservasi sebelum kunjungan mereka dan menghasilkan peramalan dengan menggunakan model terbaik. Penelitian ini juga berfungsi sebagai panduan sistematis bagi perusahaan untuk menghasilkan peramalan yang lebih akurat di masa depan dengan data yang diperbarui. Untuk lebih memahami operasional perusahaan, penulis melakukan wawancara dengan 4 manajer perusahaan dari departemen yang berbeda berdasarkan spesialisasi dan keahlian terkait. Perusahaan memberikan data dalam bentuk laporan pendapatan dan pengeluaran harian yang mencakup jumlah tiket yang terjual dari berbagai wilayah operasional dari tahun 2022 hingga Juni 2024. Penulis menerapkan pembersihan data dari data asli menjadi data bulanan dengan hanya 31 observasi. Kemudian, karakteristik data dianalisis dengan dekomposisi musiman. Setelah mengidentifikasi karakteristik data, penulis melakukan pencocokan dengan metode multiplikatif dan aditif Holt-Winter. Selanjutnya, penulis menyiapkan data untuk menghasilkan model SARIMA dengan menggunakan transformasi box-cox, kemudian menghasilkan grafik ACF dan PACF dari data yang telah ditransformasi dan dianalisis untuk mengetahui orde suku-sukunya. Penulis membandingkan model SARIMA yang paling sesuai dengan Model Holt-Winter dan menyimpulkan bahwa SARIMA (0,0,1) (1,0,1)12 adalah yang paling akurat. Terakhir, penulis membuat prakiraan dengan model tersebut untuk 12 bulan ke depan dengan interval bulanan dari Juli 2024 hingga Juni 2025. Disarankan agar perusahaan memprioritaskan manajemen data dan pengumpulan data, melakukan peramalan dengan model pada kasus studi ini dengan data baru setiap bulan atau kuartal, dan menerapkan peramalan judgemental untuk menyesuaikan hasil peramalan berdasarkan pengalaman.