digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Aufiya Ilhamal Hafizh (17019013)
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Haryadi Suadi dan Rastika adalah perupa asal Cirebon yang berupaya merevitalisasi lukisan kaca, yang sempat menurun popularitasnya antara akhir dasawarsa 1990-an sampai awal dasawarsa 2010-an karena minimnya upaya masyarakat dalam mengapresiasi serta melestarikan lukisan kaca. Upaya merevitalisasi lukisan kaca bertujuan mengangkat kembali popularitas lukisan kaca, serta menumbuhkan kembali antusiasme masyarakat dalam mempelajari, mengapresiasi, dan melestarikan lukisan kaca. Hal ini yang kemudian melatarbelakangi terselenggaranya pameran lukisan kaca “Cerita Kaca” sebagai salah satu wujud upaya revitalisasi lukisan kaca. Sebagai sosok inspirator dan inovator dalam perkembangan seni lukis kaca Indonesia, Haryadi Suadi dan Rastika mengembangkan keilmuan serta keterampilan baru dalam melukis kaca, salah satunya dalam hal komposisi visual lukisan kaca, yang merupakan fokus utama penelitian ini. Skripsi ini membahas lukisan kaca Haryadi Suadi dan Rastika di pameran “Cerita Kaca” yang mengusung konsep narrative painting, karena pada skripsi ini akan ditelaah secara mendalam karakteristik komposisi visual lukisan kaca Haryadi Suadi dan Rastika serta menemukan pemaknaannya berdasarkan pembacaan komposisi visualnya. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan interdisipliner antropologi kebudayaan. Sumber data untuk penelitian skripsi ini diperoleh melalui wawancara, studi literatur, dan observasi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara lebih mendalam keunikan karakteristik lukisan kaca Haryadi Suadi dan Rastika melalui pembacaan komposisi visual dan pemaknaannya. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, dapat disimpulkan, bahwa lukisan kaca Haryadi Suadi dan Rastika memiliki kesamaan secara visualisasi maupun pemaknaannya, akan tetapi di satu sisi lukisan kaca Haryadi Suadi dan Rastika juga memiliki perbedaan, baik berdasarkan visualisasi maupun pemaknaannya.