digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Imeco Inter Sarana merupakan Authorized Distributor dari brand General Electric di Indonesia selama lebih dari 50 tahun. Sebagai perusahaan yang memiliki hak distribusi produk dari General Electric di Indonesia, Imeco mempunyai tanggung jawab besar atas pemasaran dan penjualan produk General Electric di Indonesia. PT Imeco Inter Sarana memiliki 6 Sub-Bisnis Unit (SBU), salah satunya adalah SBU Power Support and Transportation. Divisi Kontrol yang merupakan salah satu divisi pada SBU Power Support and Transportation memegang produk control dari brand General Electric. Dengan berkembangnya zaman, teknologi control yang pada awalnya hanya bisa dilakukan oleh General Electric itu sendiri, saat ini dapat dikerjakan oleh beberapa perusahaan non-OEM dengan produk alternatif. Hal ini menjadi tantangan bagi General Electric dan PT Imeco Inter Sarana sebagai pemegang produk OEM. Produk non-OEM yang cenderung lebih agresif dan harga lebih murah menjadikan ini sebagai tantangan bagi perusahaan pemegang merk OEM. Dalam rangka menghadapi tantangan yang sedang dihadapi PT Imeco Inter Sarana, peneliti melakukan riset tentang analisa strategi pemasaran yang tepat bagi PT Imeco Inter Sarana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan semi-interview kepada Internal PT Imeco Inter Sarana, Principal PT Imeco Inter Sarana, dan Customer PT Imeco Inter Sarana. Analisa dilakukan dengan pendekatan aspek aspek Marketing Mix 7Ps dan analisa terhadap Segmentation, Targeting, and Positioning. Hasil penelitian kemudian digunakan sebagai rekomendasi strategi pemasaran kepada PT Imeco Inter Sarana.