digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Electronic Road Pricing (ERP) merupakan salah satu rencana pengendalian lalu lintas berbasis elektronik yang akan diterapkan pada beberapa ruas jalan Kota Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi perubahan perilaku pengendara mobil pribadi pada ruas jalan yang akan mengimplementasikan sistem Electronic Road Pricing (ERP) di Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto. Penelitian ini ditujukan kepada pengendara kendaraan pribadi khususnya mobil yang melewati kedua ruas jalan tersebut. Survei dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner stated preference secara online dan didapatkan 444 responden yang datanya diolah dengan analisis regresi multinomial logit menggunakan program IBM SPSS Statistika 22. Hasil yang didapatkan bahwa karakter pengendara terutama faktor sosial-ekonomi mempengaruhi keputusan dalam perubahan perilaku diantaranya faktor usia, pekerjaan, pendapatan dan tujuan perjalanan. Selain itu adanya faktor penerimaan tarif, waktu berlakunya ERP dan adanya pilihan alternatif jalan lainnya. Probabilitas diperoleh dari empat kelompok skenario penawaran biaya kemacetan, biaya terendah yaitu Rp. 5.000 dan waktu perjalanan menjadi 55menit memiliki probabilitas pasti dilewati oleh pengendara sebesar 37%. Semakin besar biaya penawaran dan juga semakin cepat waktu yang akan dirasakan meningkatkan nilai probabilitas pasti dilewati responden. Sebesar 95% probabilitas responden pasti melewati jalan yang diterapkan sistem ERP walaupun biaya mencapai Rp. 25.000 namun waktu perjalanan semakin singkat yaitu 35menit.