Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Michiko Sirup merupakan salah satu usaha yang memiliki produk yang dikenal dengan
Michiko Sirup dan Juice yang berfokus pada minuman dan sirup rasa Mangga Gincu yang
menjadi produk andalannya. Michiko Sirup ini pun merupakan sebuah produsen minuman
khas daerah di Cirebon yang tidak hanya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal
yang signifikan tetapi juga memainkan peranan penting dalam melestarikan produk
tradisional budaya lokal dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat. Michiko
Sirup mengalami penurunan pendapatan sejak awal tahun 2022 akibat dampak pasca
COVID-19 yang kondisinya belum kunjung menguntungkan dan didapati pembelian ulang
atau repurchase rate pelanggan tergolong mengalami penurunan yang disebabkan oleh
strategi pemasaran yang kurang dipersonalisasi. Saat ini, strategi pemasaran hanya dilakukan
secara intuitif. Segmentasi pelanggan yang berbasis data dan tepat sasaran merupakan kunci
merancang strategi pemasaran melalui loyalitas pelanggan jauh lebih efektif. Penelitian ini
bertujuan untuk dapat menentukan segmentasi pelanggan Michiko Sirup menggunakan
teknik clustering. Keterbatasan data yang dimiliki mengharuskan penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan data berbasis nota saja yang dimiliki oleh Michiko Sirup.
Metodologi penelitian ini mengikuti tahapan Cross-Industry Standard Process for Data
Mining (CRISP-DM). Dasar segmentasi pelanggan menggunakan model recency, frequency,
dan monetary (RFM). Model ini memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi perilaku dan
karakteristik pembelian pelanggan. Kemudian model segmentasi pelanggan dibangun
menggunakan algoritma k-means clustering.
Penelitian ini menghasilkan model segmentasi pelanggan dan strategi pemasaran
berdasarkan variabel RFM dengan teknik clustering. Dihasilkan empat kluster segmentasi
pelanggan dengan karakterisitik yang khas antar klusternya yang kemudian akan dipetakan
strategi yang tepat bagi setiap segmennya.Segmentasi pelanggan yang dihasilkan pun
diharapkan lebih akurat karena berbasis data. Michiko Sirup dapat memanfaatkan usulan
strategi yang didasarkan pada segmentasi pelanggan ini, untuk mengurangi fluktuatifnya
tingkat pembelian pelanggan dan membantu dalam pembuatan strategi yang lebih efektif.