digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Michiko Sirup merupakan salah satu usaha yang memiliki produk yang dikenal dengan Michiko Sirup dan Juice yang berfokus pada minuman dan sirup rasa Mangga Gincu yang menjadi produk andalannya. Michiko Sirup ini pun merupakan sebuah produsen minuman khas daerah di Cirebon yang tidak hanya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal yang signifikan tetapi juga memainkan peranan penting dalam melestarikan produk tradisional budaya lokal dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat. Michiko Sirup mengalami penurunan pendapatan sejak awal tahun 2022 akibat dampak pasca COVID-19 yang kondisinya belum kunjung menguntungkan dan didapati pembelian ulang atau repurchase rate pelanggan tergolong mengalami penurunan yang disebabkan oleh strategi pemasaran yang kurang dipersonalisasi. Saat ini, strategi pemasaran hanya dilakukan secara intuitif. Segmentasi pelanggan yang berbasis data dan tepat sasaran merupakan kunci merancang strategi pemasaran melalui loyalitas pelanggan jauh lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menentukan segmentasi pelanggan Michiko Sirup menggunakan teknik clustering. Keterbatasan data yang dimiliki mengharuskan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data berbasis nota saja yang dimiliki oleh Michiko Sirup. Metodologi penelitian ini mengikuti tahapan Cross-Industry Standard Process for Data Mining (CRISP-DM). Dasar segmentasi pelanggan menggunakan model recency, frequency, dan monetary (RFM). Model ini memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi perilaku dan karakteristik pembelian pelanggan. Kemudian model segmentasi pelanggan dibangun menggunakan algoritma k-means clustering. Penelitian ini menghasilkan model segmentasi pelanggan dan strategi pemasaran berdasarkan variabel RFM dengan teknik clustering. Dihasilkan empat kluster segmentasi pelanggan dengan karakterisitik yang khas antar klusternya yang kemudian akan dipetakan strategi yang tepat bagi setiap segmennya.Segmentasi pelanggan yang dihasilkan pun diharapkan lebih akurat karena berbasis data. Michiko Sirup dapat memanfaatkan usulan strategi yang didasarkan pada segmentasi pelanggan ini, untuk mengurangi fluktuatifnya tingkat pembelian pelanggan dan membantu dalam pembuatan strategi yang lebih efektif.