Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Revolt Space merupakan sebuah klub kebugaran yang telah berdiri sejak tahun 2022 dan
menawarkan beragam program kelas olahraga, salah satunya program kelas gym.
Berdasarkan data omzet bulanan pada periode Agustus 2023 hingga April 2024, kenaikan
omzetnya bersifat fluktuatif dan masih mengalami penurunan omzet yang telah melewati
batas toleransi capaian target. Fluktuatifnya besar omzet tersebut disebabkan oleh penurunan
jumlah pelanggan aktif yang melakukan perpanjangan subscription, ditandai dengan
besarnya churn rate per bulan yang masih jauh di atas rata-rata tolok ukur yang baik, yaitu
sebesar 4% untuk perusahaan yang berbasis subscription. Permasalahan tersebut terjadi
akibat strategi retensi yang diterapkan belum efektif karena kurangnya pemanfaatan data
analitik untuk memahami perilaku dan kebutuhan pelanggan. Permasalahan ini membuat
Revolt Space perlu menerapkan strategi pengelolaan pelanggan yang sesuai dengan kondisi
atau kemampuan berdasarkan kondisi perusahaan saat ini.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan
data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Data-data yang telah
dikumpulkan tersebut akan diidentifikasi untuk mengetahui arah pengembangan strategi
pengelolaan pelanggannya. Langkah-langkahnya meliputi identifikasi tahap pertumbuhan
organisasi menggunakan ASTRO ITB, fokus strategi pemasaran, dan mengevaluasi sistem
pengelolaan pelanggannya menggunakan kerangka audit SPP.
Berdasarkan hasil identifikasi, saat ini Revolt Space berada pada tahap 3 (expansion) dan
fokus strategi pemasarannya masih dominan pada strategi akuisisi. Berdasarkan hasil audit
yang telah dilakukan, saat ini Revolt Space perlu memfokuskan pada proses manajemen
informasi. Maka dari itu, perancangan strategi pengelolaan pelanggan Revolt Space
diarahkan untuk berfokus pada aspek manajemen informasi yang dapat mendukung strategi
pemasaran retensi perusahaan sesuai dengan model konseptual strategi pemasaran pada tiap
tahap pertumbuhan organisasi. Penelitian ini menghasilkan rancangan sistem manajemen
data dengan basis platform Google Spreadsheet yang terintegrasi dari rekaman jawaban
Google Forms. Rancangan ini mampu merekap data transaksi pelanggan dan dapat
menentukan klaster pelanggan menggunakan model RFM perusahaan dapat memberikan
strategi pemasaran retensi yang bersifat tertarget dan terpersonalisasi.