digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Yayasan Ruang Ketiga merupakan organisasi nirlaba yang bergerak pada isu perkotaan terkhusus ruang publik yang berdiri pada tahun 2023. Yayasan tersebut belum melakukan formulasi strategi jangka panjang yang dibutuhkan untuk menciptakan manajemen yang baik serta peningkatan daya saing yang kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan perancangan strategi dan manajemen kinerja pada objek penelitian sesuai dengan masalah yang sedang dihadapi oleh Yayasan Ruang Ketiga. Penelitian ini memformulasikan strategi yang akan diimplementasikan oleh yayasan sebagai organisasi formal yang baru dibentuk. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode perancangan manajemen strategi yang mencakup evaluasi lingkungan, penentuan strategi, implementasi, dan evaluasi dari strategi. Penelitian diawali dengan analisis eksternal dan eksternal melalui perumusan faktor SWOT, kemudian alternatif strategi dipilih melalui metode QSPM dengan strategi berasal dari matriks IE. Perumusan strategi juga dilakukan dengan memasangkan faktor SWOT melalui matriks SWOT. Strategi yang telah dirumuskan pada tahapan formulasi diterjemahkan pada balanced scorecard. Melalui balanced scorecard tercipta peta strategi Yayasan Ruang Ketiga yang memiliki 11 Strategic Objectives. Pada peta strategi tersebut terdapat 5 perspektif dengan 24 key results yang ditentukan berdasarkan KPI pada setiap objectives.