Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
JNE Kemang 1 adalah salah satu cabang dari JNE Express, yang merupakan sebuah
perusahaan jasa pengiriman barang dan logistik di Indonesia. Saat ini, terdapat
banyak perusahaan jasa pengiriman di Indonesia. Menurut Top Brand Index (TBI),
yang melakukan penilaian pada perusahaan-perusahaan di Indonesia berdasarkan
parameter market share, mind share, dan commitment share, JNE Express
mengalami penurunan indeks dari tahun 2022 ke tahun 2024. JNE Kemang 1 juga
merasakan penurunan jumlah pelanggan dari tahun ke tahun.
Untuk meningkatkan kualitas pelayanan JNE Kemang 1 saat ini, dilakukan analisis
menggunakan metode SERVQUAL. Model ini digunakan untuk mencari
kesenjangan antara persepsi pelanggan dengan harapan pelanggan pada pelayanan
penyedia jasa berdasarkan lima dimensi SERVQUAL yang dipecahkan menjadi 23
variabel. Data persepsi dan harapan ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi
oleh pelanggan JNE Kemang 1. Tak hanya persepsi dan harapan, dikumpulkan pula
data tingkat kepentingan untuk dapat menghitung nilai SERVQUAL berbobot dan
juga merumuskan matriks performansi-tingkat kepentingan yang digunakan untuk
merancang usulan perbaikan.
Dengan menggunakan nilai SERVQUAL dan matriks performansi-tingkat
kepentingan, didapatkan lima variabel yang perlu diperbaiki kualitasnya. Adapun
kelima variabel yang perlu diperbaiki ini merupakan bagian dari dimensi tangibles,
responsiveness, dan empathy. Berdasarkan hasil ini, dirancang usulan perbaikan
untuk meningkatkan kualitas pelayanan JNE Kemang 1, yaitu pembuatan SOP
pelayanan terperinci, pelatihan pegawai secara periodik, pengawasan dan
peningkatan kinerja pegawai, menyediakan poster atau brosur informasi pelayanan,
penataan ulang tempat kerja, penambahan timbangan, dan mengadakan
communication skill training.