Kecerdasan Buatan Generatif merupakan terobosan terkini dalam
disiplin Kecerdasan Buatan yang mengacu pada sistem AI yang dapat
menciptakan konten baru, seperti teks, gambar, audio, atau video.
Perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia menginvestasikan sumber
daya untuk mengeksplorasi pemanfaatan teknologi ini dalam proses
bisnis mereka. Sebuah laporan dari Forbes menunjukkan bahwa
perusahaan-perusahaan AI di seluruh dunia telah mengumpulkan sekitar
$354 miliar untuk teknologi Kecerdasan Buatan Generatif. Salah satu
pendorong utama pendanaan tersebut adalah untuk memanfaatkan
permintaan pasar yang terus berkembang. Perusahaan-perusahaan
Indonesia juga berada pada tahap awal penerapan teknologi ini.
Bahasa.ai sebagai perusahaan Indonesia dengan pengalaman 7 tahun
dalam menyediakan solusi AI untuk perusahaan, berupaya untuk
menyediakan solusi kecerdasan buatan generatif untuk memenuhi
permintaan pasar yang berkembang di perusahaan-perusahaan
Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor
yang mempengaruhi pengguna perusahaan Indonesia dalam mengadopsi
kecerdasan buatan generatif dalam bisnis mereka, serta mengidentifikasi
kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi Bahasa.ai di pasar
kecerdasan buatan generatif. Hasil penelitian kemudian digunakan untuk
menentukan strategi bisnis bagi Bahasa.ai. Analisis kuantitatif
menggunakan PLS-SEM untuk menguji hipotesis dari data kuesioner
digunakan untuk menentukan faktor-faktor yang berpengaruh. Persepsi
kemudahan penggunaan ditemukan memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap niat pengguna untuk mengadopsi kecerdasan buatan
generatif. Selanjutnya, studi kualitatif dengan wawancara komprehensif
dilakukan menggunakan kerangka Lima Kekuatan Porter dan 7S
McKinsey untuk menciptakan analisis SWOT bagi Bahasa.ai.
Strategi-strategi diturunkan dari matriks TOWS dan rencana
implementasi dikembangkan. Sebagai kesimpulan, dengan kombinasi
analisis kuantitatif dan kualitatif, penelitian ini menawarkan wawasan
kepada Bahasa.ai mengenai solusi kecerdasan buatan generatif untuk
perusahaan-perusahaan Indonesia dari sudut pandang pengguna,
internal, dan eksternal.