digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Naufal Hadi Ramadan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Naufal Hadi Ramadan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Naufal Hadi Ramadan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Naufal Hadi Ramadan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Naufal Hadi Ramadan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Naufal Hadi Ramadan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Naufal Hadi Ramadan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Kecerdasan Buatan Generatif merupakan terobosan terkini dalam disiplin Kecerdasan Buatan yang mengacu pada sistem AI yang dapat menciptakan konten baru, seperti teks, gambar, audio, atau video. Perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia menginvestasikan sumber daya untuk mengeksplorasi pemanfaatan teknologi ini dalam proses bisnis mereka. Sebuah laporan dari Forbes menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan AI di seluruh dunia telah mengumpulkan sekitar $354 miliar untuk teknologi Kecerdasan Buatan Generatif. Salah satu pendorong utama pendanaan tersebut adalah untuk memanfaatkan permintaan pasar yang terus berkembang. Perusahaan-perusahaan Indonesia juga berada pada tahap awal penerapan teknologi ini. Bahasa.ai sebagai perusahaan Indonesia dengan pengalaman 7 tahun dalam menyediakan solusi AI untuk perusahaan, berupaya untuk menyediakan solusi kecerdasan buatan generatif untuk memenuhi permintaan pasar yang berkembang di perusahaan-perusahaan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna perusahaan Indonesia dalam mengadopsi kecerdasan buatan generatif dalam bisnis mereka, serta mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi Bahasa.ai di pasar kecerdasan buatan generatif. Hasil penelitian kemudian digunakan untuk menentukan strategi bisnis bagi Bahasa.ai. Analisis kuantitatif menggunakan PLS-SEM untuk menguji hipotesis dari data kuesioner digunakan untuk menentukan faktor-faktor yang berpengaruh. Persepsi kemudahan penggunaan ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat pengguna untuk mengadopsi kecerdasan buatan generatif. Selanjutnya, studi kualitatif dengan wawancara komprehensif dilakukan menggunakan kerangka Lima Kekuatan Porter dan 7S McKinsey untuk menciptakan analisis SWOT bagi Bahasa.ai. Strategi-strategi diturunkan dari matriks TOWS dan rencana implementasi dikembangkan. Sebagai kesimpulan, dengan kombinasi analisis kuantitatif dan kualitatif, penelitian ini menawarkan wawasan kepada Bahasa.ai mengenai solusi kecerdasan buatan generatif untuk perusahaan-perusahaan Indonesia dari sudut pandang pengguna, internal, dan eksternal.