digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Andrea Theresia
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Andrea Theresia
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Andrea Theresia
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Andrea Theresia
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Andrea Theresia
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Andrea Theresia
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Andrea Theresia
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Tujuan dari studi ini adalah untuk meneliti tantangan yang dihadapi Coinfest Asia dalam memperoleh sponsor, menanggapi persaingan dari konferensi lain, dan membuat rencana pemasaran yang sukses. Studi ini menilai hambatan utama dalam memperoleh sponsor serta pendekatan yang diambil untuk mengatasinya. Studi ini juga mengeksplorasi bagaimana keberhasilan Coinfest Asia dipengaruhi oleh persaingan dari konferensi mata uang kripto lain dan strategi khas yang digunakan untuk menonjol. Kemudian, tujuan lebih lanjut dari studi ini adalah menilai keberhasilan inisiatif pemasaran Coinfest Asia dalam menarik peserta dan sponsor. Langkah selanjutnya adalah mencari tahu bagaimana acara konferensi dapat ditingkatkan untuk meningkatkan hasilnya di masa mendatang. Tujuan utama studi ini adalah untuk meneliti kesulitan yang dihadapi Coinfest Asia dalam hal strategi pemasaran, persaingan, dan sponsor. Penelitian ini mengeksplorasi strategi dan pendekatan Coinfest Asia untuk menarik dan mempertahankan sponsor serta pengaruh persaingan dari konferensi lain terhadap kinerja acara Coinfest Asia. Untuk menjamin kepuasan peserta dan sponsor, strategi pemasaran Coinfest Asia juga dievaluasi dalam penelitian ini. Dikarenakan cakupan penelitian dibatasi pada data yang tersedia untuk umum dan laporan internal yang relevan dari Coinfest Asia, maka dari itu, penelitian ini tidak menyelidiki lebih jauh aspek operasional lain yang tidak terkait langsung dengan topik utama. Dengan menggunakan metodologi kualitatif, penelitian ini menggunakan wawancara semi-terstruktur dengan pemangku kepentingan dan sponsor Coinfest Asia yang relevan untuk menentukan masalah dan solusi. Analisis dokumen memberikan lebih banyak informasi tentang metode dan strategi yang digunakan. Contoh dokumen meliputi laporan acara, data sponsor, dan materi pemasaran. Untuk memahami lingkungan kompetitif dan strategi diferensiasi, penelitian ini juga mencakup studi kasus konferensi mata uang kripto lainnya. Hasilnya dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lengkap kepada pembaca tentang peluang dan tantangan Coinfest Asia serta saran untuk strategi masa yang akan datang. 4 Penelitian ini menyimpulkan bahwa peluang jaringan, fasilitas tempat penyelenggaraan yang berkualitas, dan infrastruktur teknologi yang kuat di Coinfest Asia merupakan faktor utama yang memengaruhi kepuasan pelanggan. Peserta senang “networking“ dengan individu – individu berpengaruh di bidang tersebut, berkenalan dengan sesama pengguna uang kripto, dan menerima informasi tentang peluang karier atau proyek. Untuk memenuhi harapan pelanggan, kualitas fasilitas tempat penyelenggaraan, khususnya konektivitas WiFi dan internet, sangatlah penting. Coinfest Asia menonjol dari konferensi regional lainnya karena lokasinya yang ideal di Bali, yang menyediakan suasana jaringan yang santai. Namun, Coinfest Asia harus secara konsisten mengembangkan kegiatannya dan mempertahankan unsur kejutan untuk lebih meningkatkan pengalaman pelanggan jika ingin mempertahankan dan meningkatkan posisi kompetitifnya. Penelitian mendatang dapat berupa studi tentang area lain yang dapat memengaruhi keberhasilan Coinfest Asia, seperti komponen B2B konferensi dan aspek keuangan serta operasional. Fokus yang lebih luas ini dapat menawarkan pemahaman yang lebih baik tentang variable – variable yang memengaruhi Coinfest Asia dan membantu membentuk rencana pertumbuhan dan pengembangan di masa mendatang.