Tujuan dari studi ini adalah untuk meneliti tantangan yang dihadapi Coinfest Asia
dalam memperoleh sponsor, menanggapi persaingan dari konferensi lain, dan
membuat rencana pemasaran yang sukses. Studi ini menilai hambatan utama dalam
memperoleh sponsor serta pendekatan yang diambil untuk mengatasinya. Studi ini
juga mengeksplorasi bagaimana keberhasilan Coinfest Asia dipengaruhi oleh
persaingan dari konferensi mata uang kripto lain dan strategi khas yang digunakan
untuk menonjol. Kemudian, tujuan lebih lanjut dari studi ini adalah menilai
keberhasilan inisiatif pemasaran Coinfest Asia dalam menarik peserta dan sponsor.
Langkah selanjutnya adalah mencari tahu bagaimana acara konferensi dapat
ditingkatkan untuk meningkatkan hasilnya di masa mendatang. Tujuan utama studi
ini adalah untuk meneliti kesulitan yang dihadapi Coinfest Asia dalam hal strategi
pemasaran, persaingan, dan sponsor.
Penelitian ini mengeksplorasi strategi dan pendekatan Coinfest Asia untuk menarik
dan mempertahankan sponsor serta pengaruh persaingan dari konferensi lain
terhadap kinerja acara Coinfest Asia. Untuk menjamin kepuasan peserta dan
sponsor, strategi pemasaran Coinfest Asia juga dievaluasi dalam penelitian ini.
Dikarenakan cakupan penelitian dibatasi pada data yang tersedia untuk umum dan
laporan internal yang relevan dari Coinfest Asia, maka dari itu, penelitian ini tidak
menyelidiki lebih jauh aspek operasional lain yang tidak terkait langsung dengan
topik utama. Dengan menggunakan metodologi kualitatif, penelitian ini
menggunakan wawancara semi-terstruktur dengan pemangku kepentingan dan
sponsor Coinfest Asia yang relevan untuk menentukan masalah dan solusi. Analisis
dokumen memberikan lebih banyak informasi tentang metode dan strategi yang
digunakan. Contoh dokumen meliputi laporan acara, data sponsor, dan materi
pemasaran. Untuk memahami lingkungan kompetitif dan strategi diferensiasi,
penelitian ini juga mencakup studi kasus konferensi mata uang kripto lainnya.
Hasilnya dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lengkap kepada pembaca
tentang peluang dan tantangan Coinfest Asia serta saran untuk strategi masa yang
akan datang.
4
Penelitian ini menyimpulkan bahwa peluang jaringan, fasilitas tempat
penyelenggaraan yang berkualitas, dan infrastruktur teknologi yang kuat di Coinfest
Asia merupakan faktor utama yang memengaruhi kepuasan pelanggan. Peserta
senang “networking“ dengan individu – individu berpengaruh di bidang tersebut,
berkenalan dengan sesama pengguna uang kripto, dan menerima informasi tentang
peluang karier atau proyek. Untuk memenuhi harapan pelanggan, kualitas fasilitas
tempat penyelenggaraan, khususnya konektivitas WiFi dan internet, sangatlah
penting. Coinfest Asia menonjol dari konferensi regional lainnya karena lokasinya
yang ideal di Bali, yang menyediakan suasana jaringan yang santai. Namun, Coinfest
Asia harus secara konsisten mengembangkan kegiatannya dan mempertahankan
unsur kejutan untuk lebih meningkatkan pengalaman pelanggan jika ingin
mempertahankan dan meningkatkan posisi kompetitifnya. Penelitian mendatang
dapat berupa studi tentang area lain yang dapat memengaruhi keberhasilan Coinfest
Asia, seperti komponen B2B konferensi dan aspek keuangan serta operasional. Fokus
yang lebih luas ini dapat menawarkan pemahaman yang lebih baik tentang variable
– variable yang memengaruhi Coinfest Asia dan membantu membentuk rencana
pertumbuhan dan pengembangan di masa mendatang.