Penelitian ini dilakukan di PT Asuransi Tri Pakarta cabang Makassar, Indonesia. TRIPA
merupakan perusahaan asuransi umum yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Bank
Negara Indonesia (Persero) Tbk. dana pensiun, didirikan pada tanggal 21 Agustus 1978.
Penelitian dimulai dengan menganalisa strategi pemasaran saat ini, kondisi bisnis,
melakukan analisis internal dan eksternal. Untuk analisis eksternal, data digunakan
untuk menganalisis PESTLE, Porter’s Five Forces, Analisis Pelanggan dan Analisis
Pesaing. Untuk analisa internal penulis menggunakan Analisis STP dan bauran
pemasaran 7P. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif
data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap tim
penjualan TRIPA, laporan tahunan perusahaan, data internal, peraturan pemerintah,
dan data pendukung publikasi ilmiah lainnya. Dari analisis ini diidentifikasi kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman terhadap TRIPA. Dari hasil analisis, TRIPA harus
membangun keunggulan kompetitif dengan mengedepankan inovasi, promosi untuk
meningkatkan brand awareness, memperluas saluran distribusi untuk menjadi pemain
terdepan dalam industri asuransi umum di Indonesia. Membangun keunggulan kompetitif
jangka panjang melalui strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan pangsa
pasar, nilai, dan pendapatan