digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Reyna Zhafirah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Reyna Zhafirah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Reyna Zhafirah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Reyna Zhafirah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Reyna Zhafirah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Reyna Zhafirah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Reyna Zhafirah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Penelitian ini dilakukan di PT Asuransi Tri Pakarta cabang Makassar, Indonesia. TRIPA merupakan perusahaan asuransi umum yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. dana pensiun, didirikan pada tanggal 21 Agustus 1978. Penelitian dimulai dengan menganalisa strategi pemasaran saat ini, kondisi bisnis, melakukan analisis internal dan eksternal. Untuk analisis eksternal, data digunakan untuk menganalisis PESTLE, Porter’s Five Forces, Analisis Pelanggan dan Analisis Pesaing. Untuk analisa internal penulis menggunakan Analisis STP dan bauran pemasaran 7P. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap tim penjualan TRIPA, laporan tahunan perusahaan, data internal, peraturan pemerintah, dan data pendukung publikasi ilmiah lainnya. Dari analisis ini diidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap TRIPA. Dari hasil analisis, TRIPA harus membangun keunggulan kompetitif dengan mengedepankan inovasi, promosi untuk meningkatkan brand awareness, memperluas saluran distribusi untuk menjadi pemain terdepan dalam industri asuransi umum di Indonesia. Membangun keunggulan kompetitif jangka panjang melalui strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan pangsa pasar, nilai, dan pendapatan