digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Devito Perdana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Devito Perdana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Devito Perdana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Devito Perdana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Devito Perdana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Devito Perdana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Devito Perdana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Industri perbankan telah mengalami perubahan yang luar biasa, dari bisnis yang konvensional menjadi bisnis yang didorong oleh pergerakan digital. Didorong kuat dengan kemajuan teknologi dan ekspektasi pelanggan yang berevolusi, modelmodel perbankan konvensional sudah tidak lagi relevan. Industri kartu kredit juga mengalami perubahan yang luar biasa, terlebih lagi di era perbankan digital. Kini, kartu-kartu plastik telah dilengkapi dengan kartu-kartu virtual yang memudahkan pelanggan untuk bertransaksi secara daring. Analisa data juga memudahkan personalisasi hadiah (rewards) dan juga membantu mencegah penipuan. Terlebih lagi, pembayaran nirsentuh dan dompet digital juga mempercepat penyerapan penggunaan produk. Namun, tantangan tak terelakkan dengan adanya kekhawatiran akan perlindungan data dan juga manajemen utang pribad. Oleh karena itu, pelaku pasar harus tetap berinovasi untuk tetap kompetitif, dan memperbaiki pengalaman pelanggan. Penelitian ini mengeksplorasi pendorong-pendorong utama, tantangan, dan kesempatan yang muncul dari perubahan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi scenario-skenario yang mungkin terjadi di masa dating untuk Mobius Credit Card sebagai pemeran usaha kartu kredit pada era perbankan yang telah berubah. Penelitian ini dilakukan menggunakan teori Jobs-to-be-Done untuk memahami motif-motif nasabah, model Customer Based Brand Equity (CBBE) untuk memahami nilai-nilai Mobius Credit Card saat ini, PESTEL dan Porter’s Five Forces Model untuk menganalisa factor-faktor eskternal, dan analisa SWOT untuk memahami factor-faktor internal. Dengan mempertajam strategi ini, penulis berharap untuk mempersiapkan Mobius Credit Card dalam menghadapi ketidakpastian di masa yang akan datang.