Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Seiring berkembangnya internet dan teknologi informasi, pemesanan tiket
transportasi dapat dipesan secara daring, salah satunya kereta api. Maka dari itu,
PT Kereta Api Indonesia mengembangkan aplikasi untuk pemesanan tiket yang
bernama Access by KAI. Seiring berjalan waktu, layanan-layanan yang dapat
dipesan di aplikasi tersebut tidak hanya tiket saja, melainkan layanan tambahan
perjalanan seperti railfood dan transportasi tambahan yang juga dapat dipesan
melalui aplikasi tersebut. Salah satu layanan yang penting terkait kereta api yaitu
jasa porter yang membantu membawakan barang bawaan penumpang. Layanan
jasa porter belum tersedia dan tidak dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI.
Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melakukan perancangan desain
interaksi fitur jasa porter yang terintegrasi pada aplikasi Access by KAI. Penelitian
dilakukan menggunakan pendekatan user-centered design dengan mengacu pada
ISO 9241-210: 2010 agar hasil desain interaksi yang dirancang dapat sesuai dan
memenuhi kebutuhan penumpang kereta api sebagai pengguna jasa porter. Hasil
dari penelitian ini adalah prototipe desain interaksi fitur jasa porter pada aplikasi
Access by KAI yang memenuhi usability goals diantaranya effective to use,
efficient to use, dan easy to learn serta user experience goals diantaranya helpful,
pleasurable, dan satisfying.