OMG adalah jenama kosmetik baru yang menjual make up dan produk perawatan kulit.
Jenama OMG lahir untuk melayani segmen sosial ekonomi bawah, menawarkan produk
kecantikan berkualitas tinggi. OMG meyakini bahwa kecantikan berperan penting dalam
kehidupan wanita dalam meningkatkan harga diri, kepercayaan diri dan menuntun mereka
untuk mencapai impian mereka. Tujuan dari OMG adalah untuk memastikan seluruh wanita
dengan latar belakang apapun tetap dapat menjaga kecantikannya dengan mengikuti tren
kecantikan terkini tanpa mengorbankan anggaran dengan kampanye ‘Beauty Never Fade’.
Sebagai merek baru dengan pertumbuhan merek nomor satu di bidang riasan bibir, OMG
menghadapi persaingan yang ketat dengan banyak pendatang baru lokal dan China yang
berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian konsumen. Sebagai pendatang baru, merek
OMG harus menciptakan strategi diferensiasi dalam produk komunikasi, dan penawaran
produk yang unik. Dalam analisis cara OMG memiliki bisnis berkelanjutan, penulis
menggunakan metode wawancara mendalam dengan tingkat manajer ke atas. Dalam hasil
penelitian, ditemukan bahwa konsumen mengambil peran penting dan memegang posisi tawar
terbesar diikuti kemampuan melakukan inovasi pemasaran terutama pada produk dan cara
promosi. Kerangka penelitian yang digunakan untuk perbaikan strategi adalah analisis internal
(STP, Marketing Mix, Product Life Cycle Strategy, Ansoff dan Agile Organization) dan analisis
eksternal (PESTLE, Porter's Five, Competitor Analysis). Berdasarkan temuan dan analisis
melalui perencanaan skenario, dirumuskan implementasi strategi baru dalam rencana bauran
pemasaran selama 4 tahun untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan.