digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Ayu Tarantika Indreswari
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Ayu Tarantika Indreswari
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Ayu Tarantika Indreswari
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Ayu Tarantika Indreswari
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Ayu Tarantika Indreswari
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Ayu Tarantika Indreswari
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Ayu Tarantika Indreswari
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

OMG adalah jenama kosmetik baru yang menjual make up dan produk perawatan kulit. Jenama OMG lahir untuk melayani segmen sosial ekonomi bawah, menawarkan produk kecantikan berkualitas tinggi. OMG meyakini bahwa kecantikan berperan penting dalam kehidupan wanita dalam meningkatkan harga diri, kepercayaan diri dan menuntun mereka untuk mencapai impian mereka. Tujuan dari OMG adalah untuk memastikan seluruh wanita dengan latar belakang apapun tetap dapat menjaga kecantikannya dengan mengikuti tren kecantikan terkini tanpa mengorbankan anggaran dengan kampanye ‘Beauty Never Fade’. Sebagai merek baru dengan pertumbuhan merek nomor satu di bidang riasan bibir, OMG menghadapi persaingan yang ketat dengan banyak pendatang baru lokal dan China yang berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian konsumen. Sebagai pendatang baru, merek OMG harus menciptakan strategi diferensiasi dalam produk komunikasi, dan penawaran produk yang unik. Dalam analisis cara OMG memiliki bisnis berkelanjutan, penulis menggunakan metode wawancara mendalam dengan tingkat manajer ke atas. Dalam hasil penelitian, ditemukan bahwa konsumen mengambil peran penting dan memegang posisi tawar terbesar diikuti kemampuan melakukan inovasi pemasaran terutama pada produk dan cara promosi. Kerangka penelitian yang digunakan untuk perbaikan strategi adalah analisis internal (STP, Marketing Mix, Product Life Cycle Strategy, Ansoff dan Agile Organization) dan analisis eksternal (PESTLE, Porter's Five, Competitor Analysis). Berdasarkan temuan dan analisis melalui perencanaan skenario, dirumuskan implementasi strategi baru dalam rencana bauran pemasaran selama 4 tahun untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan.