Tesis ini bertujuan mencari pengembangan model bisnis yang layak dan ramah
lingkungan untuk perusahaan konsultan keberlanjutan dan komunikasi hijau yang
dalam fase awal berdiri, dengan fokus khusus pada Beecomms Indonesia sebagai
studi kasus. Penelitian dilakukan dengan mencari pendekatan yang efisien, faktorfaktor penting untuk operasi awal sebuah perusahaan konsultan komunikasi
keberlanjutan, dan peningkatan kredibilitas dan kelangsungan hidup jangka
panjang melalui praktik berkelanjutan. Studi ini menggunakan metodologi
kualitatif, khususnya wawancara mendalam dengan pemangku kepentingan
internal, klien, ahli eksternal, pesaing, dan regulator. Hasilnya menunjukkan
pentingnya komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan, taktik komunikasi yang
efisien, penggunaan teknologi digital, dan kebutuhan untuk layanan yang
disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain itu, penelitian ini
menekankan pentingnya membangun jaringan dan kemitraan yang kuat, mengatasi
keterbatasan anggaran, memprioritaskan transparansi, dan mendorong
pengembangan kemampuan profesional yang berkelanjutan. Temuan ini
menawarkan langkah-langkah praktis dan saran yang dapat diimplementasikan
bagi Beecomms Indonesia dan juga perusahaan konsultan serupa untuk mencapai
kesuksesan, tidak hanya dari faktor ekonomi tetapi dengan tetap mempertahankan
cita-cita keberlanjutan, sehingga memberikan dampak positif pada lingkungan dan
masyarakat