digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Damairia Anugerah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Damairia Anugerah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Damairia Anugerah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Damairia Anugerah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Damairia Anugerah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Damairia Anugerah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Damairia Anugerah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Industri alat kesehatan merupakan salah satu industri yang terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Ini melayani serangkaian terapi untuk mengobati banyak penyakit. Medtronic adalah perusahaan alat kesehatan terkemuka global yang memiliki anak perusahaan di Indonesia bernama PT Medtronic Indonesia. Sebagai bagian dari bisnis dengan pertumbuhan tercepat di grup kardiovaskular, ablasi frekuensi radio (RFA) tumbuh sebesar 108% pada FY21 dan 48% pada FY22. Penelitian ini bertujuan untuk fokus pada strategi pemasaran dan inovasi model bisnis untuk meningkatkan pangsa pasar terapi frekuensi radio untuk pengobatan varises. Framework yang digunakan pada alat analisis internal adalah VRIO, analisis pemangku kepentingan, dan STP. Pada analisis eksternal penulis menggunakan PESTEL, Porter 5 Forces, dan Competitor/Benchmarking Analysis sebagai frameworknya. Validasinya menggunakan dua alat yaitu Market Framework 4A yang bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran dan Business Model Canvas untuk merumuskan usulan inovasi model bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data primer dikumpulkan melalui wawancara mendalam yang melibatkan beberapa pemangku kepentingan yaitu responden internal dan eksternal yang meliputi dokter, personel manajemen rumah sakit, pimpinan unit bisnis, manajer saluran, serta pelatihan dan pendidikan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis tematik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan NVivo 14 sebagai perangkat lunak analisis data kualitatif. Data sekunder dikumpulkan melalui jurnal, artikel, dan referensi buku sebelumnya. Temuan penelitian kesenjangan tertinggi berdasarkan kerangka 4A adalah keterjangkauan untuk mitigasi jangka pendek dan kesadaran sebagai strategi jangka menengah dan panjang. Oleh karena itu, inisiatif pemasaran akan fokus pada aspek tersebut. Temuan inovasi model bisnis dalam penelitian ini adalah mengubah model bisnis ke pendekatan 4PL karena dampaknya terhadap strategi jangka panjang serta dampak kinerja keuangan