Industri alat kesehatan merupakan salah satu industri yang terus berkembang dalam
beberapa tahun terakhir. Ini melayani serangkaian terapi untuk mengobati banyak
penyakit. Medtronic adalah perusahaan alat kesehatan terkemuka global yang memiliki
anak perusahaan di Indonesia bernama PT Medtronic Indonesia.
Sebagai bagian dari bisnis dengan pertumbuhan tercepat di grup kardiovaskular, ablasi
frekuensi radio (RFA) tumbuh sebesar 108% pada FY21 dan 48% pada FY22.
Penelitian ini bertujuan untuk fokus pada strategi pemasaran dan inovasi model bisnis
untuk meningkatkan pangsa pasar terapi frekuensi radio untuk pengobatan varises.
Framework yang digunakan pada alat analisis internal adalah VRIO, analisis pemangku
kepentingan, dan STP. Pada analisis eksternal penulis menggunakan PESTEL, Porter
5 Forces, dan Competitor/Benchmarking Analysis sebagai frameworknya. Validasinya
menggunakan dua alat yaitu Market Framework 4A yang bertujuan untuk merumuskan
strategi pemasaran dan Business Model Canvas untuk merumuskan usulan inovasi
model bisnis.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data primer dikumpulkan melalui
wawancara mendalam yang melibatkan beberapa pemangku kepentingan yaitu
responden internal dan eksternal yang meliputi dokter, personel manajemen rumah
sakit, pimpinan unit bisnis, manajer saluran, serta pelatihan dan pendidikan. Data
dianalisis dengan menggunakan analisis tematik. Dalam penelitian ini, penulis
menggunakan NVivo 14 sebagai perangkat lunak analisis data kualitatif. Data sekunder
dikumpulkan melalui jurnal, artikel, dan referensi buku sebelumnya.
Temuan penelitian kesenjangan tertinggi berdasarkan kerangka 4A adalah
keterjangkauan untuk mitigasi jangka pendek dan kesadaran sebagai strategi jangka
menengah dan panjang. Oleh karena itu, inisiatif pemasaran akan fokus pada aspek
tersebut. Temuan inovasi model bisnis dalam penelitian ini adalah mengubah model
bisnis ke pendekatan 4PL karena dampaknya terhadap strategi jangka panjang serta
dampak kinerja keuangan