digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Inflamasi adalah suatu kondisi yang umumnya terjadi pada pasien dengan permasalahan penyakit yang berhubungan dengan sendi maupun cedera yang ditandai dengan rasa Nyeri. Dalam mengatasi rasa nyeri, obat yang sering digunakan adalah NSAIDs. NSAIDs COX-2 memiliki keunggulan dari segi kekuatan maupun tingkat keamanan yang tinggi terhadap pasien yang memiliki masalah dengan lambung (Gastrointestinal) dan relatif aman terhadap pasien dengan histori penyakit kardiovaskular (CV). Data Sanisphere menunjukkan bahwa 33% Volume sales transaksi di apotek tercipta dari rekomendasi apoteker dan frontliner, sehingga memiliki peluang yang besar bagi perusahaan farmasi yang untuk meningkatkan Demand melalui rekomendasi apoteker di segment retail farmasi khususnya buat NSAIDs COX-2. Penelitian ini fokus pada penerapan marketing bauran promosi strategy yang efektif menggunakan AISAS Model dengan menggunakan metode campuran kualitatif dan kuantitatif melalui survei pertanyaan terbuka dan tertutup untuk menganalisis perpektif apoteker dan frontliner mengenai faktor yang pengaruh dan marketing activities dan tools yang efektif diterapkan di segment retail farmasi dan wawancara ahli untuk validasi. Penelitian ini juga menganalisis faktor external yakni kompetitor analisis dan analisis internal yakni marketing mix dan STP analisis. Hasil dari Penelitian menunjukkan faktor pertimbangan rekomendasi apoteker untuk COX-2 yakni indikasi obat dan gejala nyeri, keamanan obat, Resiko obat, Qualitas, kekuatan,kecapatan kerja dan efektifitas obat dalam mengatasi nyeri, pengetahuan obat,aktivitas marketing, ekonomi pasien dan permintaan obat dari pasien. Adapun beberapa Aktivitas Pemasaran yang efektif di aplikasikan pada tiap tahapan AISAS Model yakni Detailing pengetahuan obat, Merchandise, Diskon, Seminar, Webinar, Kegiatan pemasaran, Sponsor, Kunjungan Sales. Hasil interview beberapa orang expert di perusahaan farmasi menunjukkan bahwa mereka setuju dengan hasil dari survei kuantitatif baik faktor maupun marketing aktivitas. Usulan Aktifitas Pemasaran yang efektif ini dapat diterapkan oleh perusahaan farmasi untuk meningkatkan demand NSAIDs COX-2 di Apotek melalui Rekomendasi Apoteker dan Frontliner.