Rumah sakit memiliki peran penting dalam industri perawatan kesehatan, karena menyediakan layanan perawatan kesehatan yang penting dan tulang punggung ekosistem perawatan kesehatan. Namun, integrasi strategi pemasaran tradisional dan digital dapat disajikan untuk memiliki peluang dan tantangan dalam bersaing dan mempertahankan posisinya di lembaga perawatan kesehatan. Untuk lebih memahami bagaimana taktik pemasaran rumah sakit dapat membantu dalam memenuhi tujuan pemasaran dan meningkatkan keterlibatan pasien, disertasi ini akan memeriksa dan menganalisis dengan mengambil pemeriksaan dan studi kasus dari Rumah Sakit Umum Fikri Medika. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif, memanfaatkan analisis konten materi pemasaran dan tanggapan dari kuesioner yang dibagikan kepada pasien dan pemangku kepentingan. Menekankan efektivitas dan integrasi teknik tradisional dan digital serta indikator yang berdampak positif pada hasil pemasaran secara keseluruhan. Temuan dari penelitian ini akan memberikan wawasan komprehensif tentang strategi pemasaran yang efektif untuk rumah sakit dan pengaruhnya terhadap pasien dan demografi tersegmentasi, menyoroti praktik terbaik untuk integrasi dan mengatasi tantangan umum. Hasilnya bertujuan untuk menawarkan rekomendasi praktis bagi pemasar perawatan kesehatan untuk meningkatkan kampanye mereka, mengoptimalkan alokasi sumber daya, dan meningkatkan hasil pemasaran secara keseluruhan.