digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini berupaya mengumpulkan bukti empiris mengenai besarnya dampak pemasaran media sosial terhadap persepsi konsumen dan loyalitas merek terhadap merek Hoka di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat pengaruh variabel independen pemasaran media sosial terhadap loyalitas pelanggan sepatu lari Hoka; Oleh karena itu, melalui hal ini, mencari tahu strategi spesifik mana yang telah diterapkan oleh merek olahraga tersebut yang paling efektif dalam menjangkau audiensnya. Penelitian ini menggunakan software SmartPLS 4 untuk uji outer model, uji inner model dan uji hipotesis. Pemasaran media sosial merupakan variabel independen dalam menentukan hubungan yang terjalin antara loyalitas merek dan persepsi konsumen. Data dikumpulkan dari konsumen Hoka melalui survei online dengan menggunakan metodologi penelitian kuantitatif; kemudian dilakukan pemodelan persamaan struktural kuadrat terkecil parsial (PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Temuannya menunjukkan hubungan positif yang cukup besar antara persepsi konsumen dan loyalitas merek serta pemasaran media sosial. Secara khusus, pemasaran media sosial menjelaskan perbedaan mencolok dalam loyalitas merek dengan statistik T sebesar 2,602 dan nilai p 0,009 dan persepsi konsumen dengan statistik T sebesar 78,347 dan nilai p 0,000, sehingga menunjukkan nilai strategisnya untuk penempatan merek di pasar yang kompetitif. Oleh karena itu, hasil penelitian ini secara logis menyimpulkan bahwa pemasaran media sosial memiliki dampak yang sangat besar terhadap cara konsumen memandang dan berperilaku terhadap merek Hoka. Dalam jenis penelitian ini, manajemen Hoka dapat menunjukkan bahwa indikasinya adalah mereka perlu mempertimbangkan investasi dalam inovasi yang berkaitan dengan media sosial untuk meningkatkan tingkat keterlibatan, loyalitas, dan kepercayaan pelanggan. Analisis analitik lebih lanjut untuk periklanan bertarget dan keterlibatan komunitas akan memberdayakan persepsi konsumen secara lebih besar dan positif, sehingga semakin meningkatkan posisi pasar Hoka di Indonesia dan meningkatkan loyalitas merek.