digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Arya Kusuma
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER - Arya Kusuma
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I - Arya Kusuma
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II - Arya Kusuma
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III - Arya Kusuma
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV - Arya Kusuma
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V - Arya Kusuma
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB VI - Arya Kusuma
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB VII - Arya Kusuma
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB VIII - Arya Kusuma
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IX - Arya Kusuma
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA - Arya Kusuma
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Kuala Tanjung, yang terletak di Sumatera Utara, Indonesia, merupakan salah satu pelabuhan utama yang sedang berkembang pesat, khususnya dalam sektor pengangkutan curah kering. Pelabuhan ini strategis karena posisinya yang dekat dengan jalur perdagangan internasional dan dilengkapi dengan fasilitas modern untuk menangani berbagai jenis angkutan curah kering, seperti bijih logam, batu bara, dan bahan mentah lainnya. Pengembangan pelabuhan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi logistik, memperkuat kapasitas ekspor Indonesia, serta mendukung pertumbuhan industri dan ekonomi di wilayah tersebut. Tugas Akhir ini membahas perencanaan perancangan struktur dermaga curah kering di Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Perancangan struktur dermaga dirancang dengan standar British Standard, Technical Standards and Commentaries for Port and Harbour Facilities in Japan, Standar Nasional Indonesia, Port Designer’s Handbook, American Society of Civil Engineers, Fentek Marine Fendering Systems, dan Trelleborg Marine Systems. Lingkup pembahasan Tugas Akhir ini adalah pengolahan data sekunder, perhitungan komponen pembebanan struktur dan elemennya, perhitungan dimensi struktur, pemodelan struktur dengan SAP 2000, desain tulangan elemen struktur, dan analisis daya dukung tanah. Kriteria pemodelan harus memenuhi nilai UCR dalam rentang 0.7 sampai dengan 1, nilai defleksi tidak melebihi nilai defleksi izin, dan gaya dalam serta reaksi perletakan akan digunakan dalam analisis daya dukung tanah. Dimensi dermaga rencana memiliki panjang 510 meter, lebar 46 meter, elevasi +5 meter dari LWS, dan kedalaman perairan yang digunakan adalah -14.5 meter dari LWS. Elemen struktur dermaga yang digunakan terdiri atas balok, pelat, pile cap, dan tiang pancang. Dimensi tiang pancang yang digunakan setelah optimasi memiliki diameter 1930 mm dan tebal 96 mm serta kedalaman tiang pancang yang dipancang ke dalam tanah setelah analisis daya dukung tanah berada di kedalaman 24 meter dari elevasi seabed. Hasil pengerjaan Tugas Akhir ini adalah desain rencana yang berupa dimensi struktur dermaga, fasilitas berlabuh dan bertambat kapal, dimensi elemen struktural dermaga, desain penulangan elemen struktural dermaga, dan analisis daya dukung tanah.