Dalam rangka mengoptimalkan promosi dan pengembangan karir bagi pegawai di
Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (MUP3) PLN, penelitian ini berfokus pada
optimalisasi pengembangan karir dan promosi pegawai di Unit Pelaksana
Pelayanan Pelanggan (MUP3) PLN melalui pendekatan berbasis data. Dengan
mengintegrasikan data historis kinerja dari Januari 2019 hingga Desember 2023
dengan teknik machine learning terhadap penilaian kompetensi dan potensi
promosi pegawai.
Metode yang digunakan meliputi algoritma Random Forest, Support Vector
Machine (SVM), Artificial Neural Network (ANN), dan Ada-boost yang di
gabungkan dengan ANN, dengan memanfaatkan data dari tinjauan kinerja tahunan,
penilaian kompetensi, dan penilaian pegawai pada stream MUP3. Dataset yang
terdiri dari 17.428 pegawai yang pernah atau sedang menduduki jabatan di MUP3
PLN dianalisis. Hasilnya menunjukkan bahwa menggabungkan sumber data yang
beragam dapat meningkatkan akurasi prediksi, dengan satu algoritma yang
menghasilkan kinerja yang lebih baik. Model ini kemudian digunakan untuk
mengidentifikasi pegawai yang cocok untuk dipromosikan.
Temuan ini memvalidasi efektivitas pembelajaran mesin dalam memprediksi
potensi karier, membangun kerangka kerja pengambilan keputusan yang kuat untuk
manajemen sumber daya manusia. Pendekatan sistematis ini menyelaraskan
pengembangan pegawai dengan tujuan organisasi dan menyederhanakan proses
promosi.