digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - CAESARIO SATYANEGARA
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Indonesia merupakan negara yang daratannya disatukan oleh lautan, laut memiliki peran yang begitu besar untuk kelangsungan bangsa ini. Dengan kondisi geografis yang sebagian besar adalah perairan dan masyarakat yang semakin tinggi kebutuhannya, transportasi laut menjadi pilihan yang paling baik dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Transportasi laut berupa kapal dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat mulai dari trasportasi barang hingga mobilitas manusia itu sendiri, kapal laut membutuhkan pelabuhan untuk berlabuh, setiap pelabuhan harus bisa memfasilitasi kapal-kapal yang akan bersandar di pelabuhan tersebut, salah satunya adalah layanan TugBoat. TugBoat atau Kapal Tunda juga harus melakukan perawatan dan parkir di satu dermaga khusus yang ada di pelabuhan tersebut. Salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia yaitu Pelabuhan Tanjung Priok akan memperbaiki salah satu dermaga TugBoat nya yaitu Dermaga Central Workshop (CWS) yang juga akan menjadi tempat parkir beberapa alat berat milik pelabuhan. Tugas Akhir ini membahas tentang perancangan struktur dermaga Central Workshop di Pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Priok, Jakarta Utara, DKI Jakarta yang terdiri dari perancangan struktur dermaga tipe deck on pile yang akan melayani sandarnya tugboat dan parkirnya alat berat di atas dermaga. Lingkup pembahasan dari Tugas Akhir meliputi pengumpulan dan pengolahan data, perancangan desain awal (preliminary design) struktur agar dapat menahan beban yang bekerja, pemodelan dan analisis struktur dengan software SAP 2000, perancangan penulangan elemen struktural, beserta analisis daya dukung tanah struktur, baik aksial maupun lateral. Elemen struktural pada struktur mencakup balok, pelat, tiang pancang, dan pile cap. Pemodelan dan analisis struktur akan dilakukan sesuai dengan batasan nilai UCR dan defleksi yang dapat diterima oleh struktur sesuai batasan standar. Output dari pemodelan berupa desain optimum dan akan didapatkan gaya dalam beserta reaksi perletakan struktur dermaga yang akan digunakan pada desain tulangan elemen struktural dan analisis daya dukung tanah. Struktur dermaga hasil perancangan memiliki dimensi panjang 75 m dan lebar 20 m. Struktur akan memiliki elevasi +2 m dari LWS. Berdasarkan desain struktur optimum, tiang pancang yang digunakan adalah 400 mm dengan ketebalan 11 mm. Struktur dermaga dipancang hingga kedalaman 21 m di bawah dasar laut. Hasil dari Tugas Akhir ini berupa dimensi struktur beserta dimensi elemen struktural dari struktur, fasilitas berlabuh dan bertambat kapal, detail penulangan elemen struktural dermaga, beserta kedalaman pemancangan tiang pancang.