ABSTRAK Faiz Muhammad Prasetya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 1 Faiz Muhammad Prasetya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 2 Faiz Muhammad Prasetya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 3 Faiz Muhammad Prasetya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 4 Faiz Muhammad Prasetya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 5 Faiz Muhammad Prasetya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 6 Faiz Muhammad Prasetya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
PUSTAKA Faiz Muhammad Prasetya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Centra Batik Trusmi merupakan pasar rakyat tematik batik yang menjadi salah satu
daya tarik pariwisata di Kawasan Batik Trusmi. Namun keadaan Centra Batik
Trusmi yang seringkali terlihat sepi sepanjang akhir periode Covid-19 dari tahun
2022 hingga saat ini sangat mengkhawatirkan. Berdasarkan situasi tersebut,
penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan
yang dihadapi oleh Centra Batik Trusmi dari tiga aspek utama, yaitu lokasi,
persepsi, dan preferensi pengguna, yaitu pedagang dan pengunjung. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh pentingnya peran Centra Batik Trusmi sebagai salah satu daya
tarik pariwisata di Kawasan Batik Trusmi, Kabupaten Cirebon yang mengalami
berbagai tantangan dalam pengembangan dan keberlanjutannya.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif
dengan menggunakan metode campuran dan pendekatan penelitian deduktif.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara mendalam
dengan pedagang, serta survei kepada pengunjung. Data yang diperoleh kemudian
dianalisis untuk mengidentifikasi permasalahan utama dan menyusun rekomendasi
untuk perbaikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat permasalahan desain
dan non desain yang terjadi dan perlu segera dilakukaan perbaikan infrastruktur dan
fasilitas di dalam dan sekitar Centra Batik Trusmi untuk meningkatkan aksesibilitas
dan kenyamanan pengunjung. Selain itu, diperlukan juga strategi promosi yang
lebih efektif untuk meningkatkan daya tarik dan persaingan pusat batik ini dengan
pasar/toko batik lainnya di Kawasan Batik Trusmi.