digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Faiz Muhammad Prasetya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 1 Faiz Muhammad Prasetya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 2 Faiz Muhammad Prasetya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 3 Faiz Muhammad Prasetya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 4 Faiz Muhammad Prasetya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 5 Faiz Muhammad Prasetya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 6 Faiz Muhammad Prasetya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

PUSTAKA Faiz Muhammad Prasetya
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Centra Batik Trusmi merupakan pasar rakyat tematik batik yang menjadi salah satu daya tarik pariwisata di Kawasan Batik Trusmi. Namun keadaan Centra Batik Trusmi yang seringkali terlihat sepi sepanjang akhir periode Covid-19 dari tahun 2022 hingga saat ini sangat mengkhawatirkan. Berdasarkan situasi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan yang dihadapi oleh Centra Batik Trusmi dari tiga aspek utama, yaitu lokasi, persepsi, dan preferensi pengguna, yaitu pedagang dan pengunjung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran Centra Batik Trusmi sebagai salah satu daya tarik pariwisata di Kawasan Batik Trusmi, Kabupaten Cirebon yang mengalami berbagai tantangan dalam pengembangan dan keberlanjutannya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode campuran dan pendekatan penelitian deduktif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara mendalam dengan pedagang, serta survei kepada pengunjung. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi permasalahan utama dan menyusun rekomendasi untuk perbaikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat permasalahan desain dan non desain yang terjadi dan perlu segera dilakukaan perbaikan infrastruktur dan fasilitas di dalam dan sekitar Centra Batik Trusmi untuk meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan pengunjung. Selain itu, diperlukan juga strategi promosi yang lebih efektif untuk meningkatkan daya tarik dan persaingan pusat batik ini dengan pasar/toko batik lainnya di Kawasan Batik Trusmi.